Tanya Dokter

  • Cara menurunkan berat badan

  •  Ahmad Susanto
    Anggota

    Doc, gi mana cara nya turun in berat badan secara sehat?

    Hai, Menurunkan berat badan bagi sebagian orang dapat menjadi tantangan tersendiri. Sebelum menentukan target penurunan berat badan, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan perhitungan IMT (Indeks Massa Tubuh) dan klasifikasinya. Cara menghitung IMT dapat dibaca pada laman diskusi berikut Diskusi menurunkan berat badan Pada prinsipnya cara menurunkan berat badan adalah dengan membatasi asupan kalori yang masuk dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Beberapa anjuran bagi Anda:

    • Tetapkan target penurunan berat badan yang realistis. Idealnya penurunan berat badan adalah antara 0,5-1 kg per minggu. Hindari penurunan berat badan yang terlalu cepat karena menimbulkan efek yoyo (berat naik kembali dengan cepat)
    • Kurangi porsi makan dan atur pola diet yang sehat
    • Perbanyak konsumsi buah dan sayur
    • Minum banyak air putih (minimal 2 liter sehari) untuk melancarkan metabolisme tubuh
    • Hindari makanan yang digoreng, berlemak atau mengandung kadar gula yang tinggi
    • Jangan melewatkan waktu makan. Melewatkan waktu makan seringkali membuat Anda kelaparan dan makan lebih banyak. Makanlah dalam porsi kecil namun sering (misal 5-6 kali sehari dengan porsi kecil-kecil) untuk menjaga metabolisme tubuh tetap aktif
    • Batasi kebiasaan mengonsumsi cemilan atau minuman manis karena mengandung kalori cukup tinggi
    • Jika di antara waktu makan Anda merasa lapar, ganti cemilan Anda dengan makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayur, atau oat
    • Bergerak aktif dalam kehidupan sehari-hari (berjalan, naik-turun tangga, berkebun, membersihkan rumah dll)
    • Berolahraga secara teratur. Bila Anda tidak memiliki masalah kesehatan, dapat ditetapkan target untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau intensitas berat selama 75 menit per minggu
    • Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai
    • Berolahraga bersama pasangan, keluarga dan sahabat akan membantu Anda untuk lebih disiplin dan menikmati aktivitas yang dilakukan
    Jika Anda mengalami kesulitan untuk menentukan pola makan dan olahraga yang sesuai bagi kebutuhan Anda, silakan berkonsultasi dengan Dokter Gizi di kota Anda. Dokter akan melakukan perhitungan kebutuhan kalori Anda (berdasarkan target penurunan berat badan dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari) dan menyusun pola makan dan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan. Dokter juga akan menyarankan menu makanan dan pola hidup yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Baca artikel berikut: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman