Tanya Dokter

  • berat badan anak susah naik

  •  Idah Al-faiz
    Anggota

    Selamat malam dok , saya mau tanya , anak saya berumur 16bln , nafsu makan nya normal tapi berat badan nya susah naik , paling banyak naik setengah kilo dalam waktu 1-2bln .kalo dia sakit berat badanya langsung turun , saya bingung dok . Apa yg harus saya lakukan , dan apa perlu saya kasih vitamin tertentu supaya berat badan dan tinggi badan anak saya tumbuh dengan pesat ?

    Idah Al-faiz  Idah Al-faiz
    Anggota

    Balas doonk dok

    Hai, Pertambahan berat badan seorang anak dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti asupan nutrisi, kalori yang terbakar melalu aktivitas fisik, tipe tubuh dan faktor keturunan dari orang tua. Jangan terlalu khawatir mengenai berat badan anak, terutana apabila berat badan anak telah ideal. Berat badan anak tidak dapat dinilai dengan subjektif. Untuk menentukan apakah berat badan anak Anda termasuk cukup, kurang, atau berlebih, ada suatu metode yang digunakan secara internasional untuk mengukurnya, yaitu dengan melihat plot pada grafik pertumbuhan. Grafik ini membandingkan antara berat badan, tinggi badan anak, serta usia anak tersebut. Untuk mengetahui posisi anak Anda pada grafik tersebut, apakah benar anak Anda termasuk kurang berat badannya, sebaiknya temui dokter spesialis anak secara langsung. Selain menentukan kategori berat badan anak Anda, dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan anak Anda, melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, juga melakukan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Hal ini dibutuhkan untuk mengeliminasi adanya kondisi medis lain yang menghambat pertumbuhan anak Anda, seperti :

    • kekurangan nutrisi
    • infeksi tuberkulosis
    • gangguan pencernaan
    • masalah dari hormon tiroid
    • masalah dari hormon pertumbuhan
    • dan lainnya
    Jika sebenarnya berat badan Anda termasuk kategori ideal walau dengan pertambahan berat yang tidak signifikan dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk tetap memantau pola makan anak dengan gizi yang seimbang, aktivitas fisik harian dan pola istirahat anak. Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca : Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari