Tanya Dokter

  • Cara menambah berat badan janin

  • Maaf dok, saya mau tnnya. Sya hamil klo itungan dokter usg mh bru jlan 35 minggu tp klo kta bidan 38 mnggu, trus berat janin sya pas usg terahir tu 2023gram normal g si dok berat sgtu, trus skrg sya lgi mkn manis mlu. Sbner'y kurng sk mnis. Trus mknan pa z yg bsa naikin Bb janin yg cpet dok

    Halo Shanty.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, pada usia kehamilan 35 minggu, berat badan Jani normalnya berkisar antara 2250 gram sampai dengan 2750 gram. Sekedar informasi untuk anda, berat badan janin dipengaruhi oleh : faktor ibu seperti ras/ tinggi badan/ Sudah berapa kali lahiran/ kenaikan berat badan selama hamil/ aktivitas fisik yang dilakukan/ kadar hemoglobin/ ada atau tidaknya penyakit yang diderita/ dll., faktor ayah seperti tinggi badan, ketinggian lingkungan tempat tinggal, jenis kelamin janin, dan lain sebagainya.

    Dengan berat janin 2023 gram, artinya jalan yang anda kandung tergolong memiliki berat badan yang kurang berdasarkan usia kandungannya. Jika dibiarkan, berat badan jaringan kurang dari 2500 gram saat dilahirkan berpotensi menyamakan bayi tidak dapat bertahan hidup dalam waktu lama setelah dilahirkan.

    Untuk membantu mencapai berat janin yang optimal, sebaiknya cobalah diskusikan masalah ini kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter biasanya akan memberikan perencanaan yang tepat dalam rangka untuk meningkatkan berat janin Anda, Sehingga pada saat dilahirkan, berat janin Anda dalam kisaran yang normal.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, perbanyak makan camilan sehat seperti jagung/ kacang Kacangan/ dll., minum susu kehamilan lebih sering, perbanyak makan eskrim, tidur dan istirahat yang cukup, biasakan makan secara teratur dalam porsi sedikit tapi lebih sering, kelola stress psikologis.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati