Tanya Dokter

  • Berat badan bayi menyusut setelah lahir

  •  andanawidi
    Anggota
    Selamat malam dok. Saya widi. 27tahun. Tgl 6 oktober 2017 kemarin saya baru melahirkan dengan berat badan bayi 3.3 kg. Usia bayi saya saat ini 29hari. Saat bayi saya 4 hari berat badannya menurun dok. Jadi 3kg. Dan baru saya timbang lagi kemarin berat badan nya 3.5kg. Apa itu normal dok? Sedangkan yg saya tau berat badan bayi 1 bln harus naik sekitar 5 gram dari berat lahir. Hitungan berat badan bayi saya naik dari lahir atau dihitung setelah menyusut dok? Mohon dijawab dok.. terimakasih

    Halo,

    Penurunan berat badan bayi di awal masa kelahirannya,sekitar 1 minggu pertama merupakan kondisi yang normal. Penambahan berat badan menjadi kembali seperti saat kelahiran biasanya terjadi pada minggu kedua. Kemudian kenaikan berat badan bayi setelah berusia 1 bulan akan bertambah sebanyak 140-200 gram (dari berat badan pada minggu kedua) setiap minggu. Bayi yang mendapatkan nutrisi dan jumlah ASI/susu formula yang mencukupi, terlihat dari :

    • Bayi menyusu sampai puas dan melepaskan sendiri puting payudara Ibu.
    • Ketika minum ASI/susu formula, bayi terdengar menelan dengan lembut.
    • Setelah menyusu, bayi terlihat tenang dan tidak rewel.
    • Bila menyusui dengan ASI, payudara Ibu lembek setelah menyusui bayi.
    • Bayi buang air kecil maksimal tiap 3 jam sekali. Warna kotoran bayi berangsur berubah dari gelap menjadi kuning terang dengan tekstur lembut.
    • Penambahan berat badan bayi sesuai kurva berat badan dalam Kartu Menuju Sehat.

     

    Secara umum, tampaknya penambahan berat badan bayi Anda masih normal. Penuhi kebutuhan minum bayi sesuai permintaannya, biasanya bayi lapar maksimal tiap 4 jam. Pantau terus tumbuh kembangnya dan lakukan kontrol rutin ke Dokter Spesialis Anak untuk memastikan kesehatan anak dan mendapatkan imunisasi secara lengkap.

    Baca di sini mengenai Berat Badan Bayi Baru lahir.

    Demikian info yang dapat Kami sampaikan, semoga membantu Anda. 

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.