Tanya Dokter

  • Cara meningkatkan berat badan bayi

  •  Asep Sunardi
    Anggota
    Assalamualaikum dok.. Anak sy baru brusia skitar 40 hri, berat badan wktu lhir 3kg stlah d timbang lg, ada knaikan 700gr,, tapi kata bidan.y msih kurang karena msh dbwah standar,, sy jd khwtir,, ank sy msih ASI... Yg sy tnyakn.. bgaimna tuk mningkatkn BB bayi sy,?? Boleh tidk Ibu nya mkn mie?? Trus apakh mslah jika BB ank sy tidak ssuai standar,??

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Berat badan lahir bayi dianggap kurang jika terlahir dengan berat kurang dari 2.5 kg. Normalnya berat badan bayi saat lahir berkisar 2.9 hingga 3.6 kg. Kemudian berat badan bayi akan terus meningkat seiring pemberian nutrisi melalui ASI atau susu formula.

    Bayi baru lahir (usia 1-4 minggu) sebagian besar akan mengalami penurunan berat badan beberapa ons setelah lahir. Setelah itu beratnya akan kembali naik menjelang usia dua minggu. Bayi usia 1 sampai 6 bulan akan bertambah tinggi 2.5 cm per bulan dan berat badannya meningkat 140-200 gram per minggu.

    Untuk menentukan berat badan ideal bayi, ada beragam cara dan mungkin memberikan hasil yang sedikit berbeda. Dari peristiwa yang Anda paparkan, berat badan lahir bayi Anda termasuk normal. Yang perlu dikhawatirkan adalah apabila berat badan lahir kurang dari 2.5 kg. Pertumbuhan berat 700 gr juga masih bisa dianggap normal. Terutama jika bayi masih kuat minum dan terlihat aktif. Untuk itu sebaiknya Anda tidak usah khawatir, tetap berikan ASI dan pantau berat badan bayi setiap bulannya  

    Ibu yang memberikan ASI sebaiknya tetap memperhatikan pola makan yang sehat dan bergizi lengkap. Perbanyak konsumsi sayuran, beragam buah dan minum air putih. Atur juga waktu agar Anda bisa cukup beristirahat. Makan mie boleh saja, karena pada prinsipnya tidak ada pantangan khusus untuk ibu menyusui. Namun tetap saja agar diimbangi dengan jenis makanan dan sumber nutrisi yang lain.

    Berikut topik yang sesuai topik pertanyaan Anda di:

    • https://www.alodokter.com/jangan-cemaskan-berat-badan-bayi-normal-semua-ada-patokannya
    • https://www.alodokter.com/pantangan-ibu-menyusui-yang-penting-diketahui

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.