Tanya Dokter

  • Berat janin pada usai kehamilan 8 bulan

  •  suci pertiwi
    Anggota
    Dok saya mau nanya berat janin sya 2,3kg usia kandungan 8bln lbh apa itu tidak normal ?? Dan juga kata dokter yg saya usg kemarin juga blang kalau air ketukan saya sedikit lalu di berikan resep obat ossoral 800mg dan feritrin multivitamin dan mineral apa itu bagus dok ?? Trimakasihh
    suci pertiwi  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo suci pertiwi,

     

    Pada usia kandungan 8 bulan atau 32 minggu, berat badan janin normal berkisar antara 1.300 gram (1.3 kg) sampai 2.000 gram (2.0 kg). Berat badan janin melebihi kisaran normal yaitu 2.3 kg dapat dikatakan masih normal untuk usia kandungan 8 bulan. Penambahan berat badan pada bayi akan terus bertambah dan akan semakin cepat dalam mengalami pertambahan bayi karena menjelang persalinan, pertumbuhan yang terjadi pada janin akan berlangsung lebih cepat.

     

    Ossoral memiliki kandungan aktif berupa ossein hydroxapatite. Pemberian obat ini digunakan untuk memberikan nutrisi demi pemadatan tulang si kecil pada kehamilan. Feritrin merupakan obat suplemen zat besi yang digunakan untuk meningkatkan kadar zat besi untuk mencegah terjadinya anemia. Keduanya merupakan suplemen tambahan yang diperlukan selama kehamilan berlangsung. 

     

    Pada kondisi menjelang persalinan juga sebaiknya dikenali tanda-tanda menjelang terjadinya persalinan seperti merembesnya air bening (ketuban) dari jalan lahir, kontraksi pada perut yang semakin lama semakin kuat dan sering, pengeluaran lendir disertai dengan darah.

     

    Sebaiknya pada menjelang usia persalinan, anda tetap mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter kepada anda. Selain itu, tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk memenuhi keperluan nutrisi janin dan juga ibu. Beristirahat dengan cukup dan berolahraga terutama senam kegel yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot panggul.

     

    Berikut artikel tentang kehamilan 8 bulan yang dapat anda simak.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi