Tanya Dokter

  • Perut tidak sengaja tertendang saat menstruasi

  •  Kirey April
    Anggota
    Dok saya perempuan 19thn. Mau tanya dok saya kan mengikuti beladiri. Ketika saya sedang haid saya di sparingkan dengan lawan kemudian perut saya terkena tendangan dibagian perut begitu keras sampai saya tidak bisa apa2 lagi dok. Apakah itu berbahaya bagi rahim saya nanti. Tolong di jawab ya dok terimakasih

    Halo Kirey, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Pertama, Anda sebaiknya mengetahui tentang ukuran rahim normal pada wanita tidak hamil, yaitu :

    • panjang - 7,5 cm
    • lebar - 5 cm
    • ketebalan - 2,5 cm

    Rahim berada di dalam rongga panggul sehingga bila terjadi benturan di perut tidak berdampak banyak pada organ ini. Rahim akan membesar pada kondisi kehamilan, myoma, adenomiosis, dan keganasan. Menstruasi tidak akan mengubah ukuran rahim.

    Meskipun demikian, benturan keras pada perut berpotensi menimbulkan cedera organ atau jaringan lain, misalnya otot perut, tulang belakang, ginjal, hati, limpa, kandung kemih, hingga saluan pencernaan. Sebaiknya setelah terjadi benturan Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat, terutama bila muncul nyeri perut hebat. Selain pemeriksaan fisik, dokter bisa menganjurkan pemeriksaan tambahan, seperti tes darah, rontgen perut 3 posisi, USG hingga CT-scan rongga perut. Bila cedera mengenai organ-organ padat dan menyebabkan perdarahan dalam rongga perut, dokter akan menganjurkan tindakan operasi.

    Demikian, semoga bermanfaat ya

    dr. Lili