Tanya Dokter

  • Berbahayakah jika meminum obat TBC tidak teratur?

  • Selamat siang dok, maaf saya mau tanya dok, saya sudah 2 bln ini menderita penyakit TBC & saya tengah hamil 15 minggu, yang mau saya tanyakan, apa dampaknya bagi tubuh jika saya tdk meminum obat TBC khusus yang sering saya lewatkan untuk diminum yaitu "Ethambutol" & Rifamfisin" secara tidak teratur?

    mohon bantuannya dok?

    Dede Misnawati  Dede Misnawati
    Anggota

    Dok?

    Hai Dede, Penyakit TBC merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Tuberculosis. Bakteri tersebut dapat menyerang organ-organ di tubuh kita seperti paru-paru, kelenjar, kulit, dsb. Pengobatan TBC ini sangat berbeda dengan pengobatan akibat infeksi bakteri yang lain. Karena pengobatan ini memerlukan antibiotik yang spesifik untuk mematikan kuman TBC dan pengobatannya harus dilakukan secara rutin dalam waktu tertentu yang sudah ditentukan. Misalnya meminum obat TBC setiap hari pukul 7 pagi selama 3 bulan pertama maka obat yang diberikan harus diminum setiap hari pukul 7 pagi dan kemudian setelah obat habis harus berkonsultasi dengan dokter untuk melihat perkembangan pengobatan yang sudah diberikan. Jika penderita tidak melakukan pengobatan sesuai aturan seperti tidak meminum secara rutin atau memberhentikan pengobatan tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu maka bakteri TB tidak akan hilang sepenuhnya dari tubuh meskipun penderita merasa keluhannya sudah membaik. Infeksi yang diderita juga kemungkinan akan menjadi resisten terhadap antibiotik yang sudah diberikan. Jika hal tersebut terjadi maka infeksi TB akan semakin sulit diobati dan waktu yang dibutuhkan untuk pengobatan nya juga akan memakan waktu yang lebih lama sekitar 2-2,5 tahun. Jika anda merupakan penderita TBC yang tidak mengkonsumsi obat secara rutin sebaiknya anda kembali mengunjungi dokter yang telah memberi anda pengobatan atau dapat juga ke dokter lain untuk dapat dilihat apakah penyakit yang anda alami sudah membaik atau malah memburuk. Dan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan tes resistensi obat untuk mengetahui apakah anda resisten terhadap obat TB tertentu atau tidak. Dan selanjutnya anda dapat diberikan obat yang sesuai. Untuk lebih memudahkan anda agar anda tidak lupa mengkonsumsi obat anda, anda dapat meminta teman, saudara atau pasangan anda untuk mengingatkan anda setiap hari pada jam tertentu atau anda juga dapat membuat pengingat/alarm di ponsel anda agar anda tidak lupa mengkonsumsi obat anda. Informasi tentang TBC dapat anda baca pada artikel di bawah ini: Tuberculosis Terimakasih Semoga membantu. dr.Yosephine U L Simanungkalit  

    Dede Misnawati  Dede Misnawati
    Anggota

    Oh gtu y dok, tapi saya termasuk susah minum obat contoh obat A & B diminum 1 jam sblm mkn dlm arti perut harus kosong slm 1 jam stlh nya, krn sy suka stress meminumnya dengan air tdk jarang obatnya malah keluar lagi krn mual saya tdk bisa meminum obat, akhirnya saya siasati dgn meminumnya dengan bantuan pisang, dan itu pun obat nya saya belah dulu menjadi 4 bagian baru saya bisa succes minum obat trsbt dok, bagaimana jika meminum obat dgn pisang? boleh kah?