Tanya Dokter

  • Apa mimisan saya berbahaya?

  • hallo Dok.. Dok saya mau bertanya,dulu waktu saya kecil saya sering sekali mimisan,bahkan sempat hampir tiap hari dalam seminggu.ibu saya pernah mengonsultasikan masalah mimisan saya,namun dokter berpendapat itu hanya mimisan biasa,entah itu sebabkan dari cuaca,atau kelelahan saja.. Semakin usia saya bertambah,intensitas terjadinya mimisan terhadap saya jadi berkurang,bahkan semenjak saya duduk d bangku SMP & SMA itu hampir jarang sekali mimisan.Namun sekarang sekarang ini saya jadi sering lagi mengalami mimisan tetapi terkadang dibarengi dengan rasa pusing dikepala dan  terkadang badan saya jadi panas dingin akhirnya.. Terakhir,yaitu kemarin pada malam tanggal 30 juli,saya sedang bekerja di shift malam.Disitu saya mimisan lagi Dok,bahkan sampai tiga kali saya mimisan,Dan setelah itu badan saya merasa lemas,saya juga merasa kondisi badan saya jadi tidak enak,terkadang saya merasa panas sekali dan sekarang malah terasa sakit di bagian punggung saya.Saya fikir cuma masuk angin biasa,namun setelah saya mengerik punggung saya sakitnya masih tetap terasa,tapi sempat merasa enakan sih Dok setalah di kerik tersebut.Dan malam ini saya sedang bekerja pun terjadi mimisan lagi dan sakit di punggung saya masih terasa.. Mohon Dokter menjelaskan apa yang terjadi terhadap saya,lalu mimisan yang terjadi terhadap saya apakah berbahaya atau tidak?Lalu,apa yang harus saya lakukan dan bagaimana cara mengobatinya.. Terimakasih Dok.

    Hai Pada umumnya mimisan tanpa gejala penyerta lain dengan perdarahan yang sedikit dan mudah berhenti umumnya tidak berbahaya. Beberapa penyebab dari mimisan, antara lain:

    Bila mimisan berulang, sebaiknya dicari apa penyebab dari seringnya mimisan tersebut. Diperlukan informasi lebih lengkap mengenai gejala, riwayat penyakit, serta pemeriksaan langsung oleh dokter serta pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, nasoendoskopi (untuk melihat kondisi dalam hidung), foto rontgen, CT scan kepala bila diperlukan untuk mengentahui manakah penyebab dari mimisan yang telah disebutkan diatas sehingga dengan diketahui penyebabnya dapat diberikan penanganan yang tepat agar tidak terjadi mimisan kembali. Untuk pertolongan pertama dari mimisan adalah:
    • Memencet cuping hidung dengan telunjuk dan ibu jari sekitar 10 menit
    • Posisi duduk dan kepala menunduk
    • Membuang darah yang ada pada mulut, jangan menelannya
    • Mengompres dingin pada pangkal hidung.
    Bila dengan cara diatas mimisan tidak berhenti selama 25 menit, atau bertambah banyak sebaiknya Anda ke rumah sakit. Informasi mengenai mimisan dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mimisan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william