Tanya Dokter

  • bercak cokelat dari vagina dan haid keluar sedikit

  • Assalamualaikum dok,saya gadis usia saya 21 tahu. kemarin setelah saya bangun tidur keluar bercak cokelat dari Miss v saya,saya mengira itu adalah mentruasi,Tapi setelah itu tidak keluar lagi sampai keesokan harinya.saya minum obat pelancar haid tapi tetap saja tidak ada hasilnya.Yang mau saya tanyakan disini apakah itu bercak dari darah mentruasi atau karena yang lain dok ? Terima kasih,wassalam.

    Hai Gadiza, Bercak yang keluar dari miss v anda bisa terdapat beberapa kemungkinan antara lain caran vagina atau keputihan. Keputihan merupakan keadaan yang sangat sering dialami oleh wanita. Keputihan ada yang bersifat normal namun ada juga yang tidak normal. Warna, kekentalan dan jumlah keputiahn yang terjadi akan sangat bergantung pada siklus menstruasi seorang wanita. Keputihan yang normal berfungsi untuk mengeluarkan sel-sel mati dan bakteri melalui lendir yang dihasilkan oleh serviks. Keputihan normal biasanya berwarna putih dan tidak disertai gatal ataupun bau yang tidak sedap. Sedangkan keputihan yang tidak normal bisa disebabkan oleh beberapa hal dan biasanya disertai dengan rasa gatal, bau tidak sedap dan keputihannya berwarna lain seperti kuning, coklat, kehijauan atau bisa juga bercampur darah. Selain akibat faktor hormonal, stress dan kelelahan keputihan dapat juga disebabkan oleh:

    1. Infeksi jamur/kandidosis vaginalis yaitu keputihan yang berwarna putih seperti susu dan sangat gatal
    2. Infeksi bakteri/vaginosis bakteri yaitu keputihan yang berwarna putih dan abu-abu disertai bau amis
    3. Akibat infeksi parasit yaitu keputihan yang berwarna kuning kehijauan atau berbuih dan sangat gatal
    4. Akibat infeksi menular seksual seperti gonore, clamydia, herpes dan trikomonas. Biasanya keputihan berwarna kuning kehijauan dan sanagt bau. Dapat juga disertai dengan rasa nyeri saat BAK.
    5. Tanda awal kanker serviks atau kanker rahim yaitu keputihan yang berwarna coklat dan mengandung darah
    Untuk memastikan keluhan yang anda alami, sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis sehingga dapat diberikan pengobatan yang tepat. Ada baiknya anda tidak mengkonsumsi sembarang obat karena obat-obatan yang dikonsumsi haruslah sesuai indikasi. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini;
    • Menjaga kebersihan organ intim anda
    • Mengganti celana dalam anda minimal 2 kali sehari
    • Menggunakan celana dalam yang berbahan katun
    • Membersihkan miss V anda dengan cara yang benar yaitu dari depan ke belakang
    • Ganti celana dalam jika sudah lembab
    • Konsumsi air mineral minimal 2 liter dalam 1 hari
    • Olahraga minimal 3 kali seminggu
    • Kelola stress
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Keputihan Keputihan setiap hari Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit