Tanya Dokter

  • Penyebab bercak darah setiap BAK

  •  kinanti
    Anggota

    Dok, saya berhubungan sex, pasangan saya ejakulasi di dalam. Karena saat itu saya sedang tidak ber kb dan tidak ingin punya anak, maka 2 hari setelah kejadian tsb saya minum postinor 2. 4 hari setelah saya minum obat tsb, ada bercak darah setiap saya buang air kecil. Dan saya belum juga menstruasi (jadwal mens seharusnya hari ini). Apakah itu normal, dok? Kalau dr kasus saya diatas, bercak darah tsb dapat mengindikasikan apaa? Terimaksih dok.

    Halo,   Bercak darah / flek yang timbul bisa disebabkan karena beberapa kemungkinan yakni :

    1. Terjadinya kehamilan yang terganggu
    2. Pertanda akan menstruasi
    3. Gangguan hormonal
    4. Efek pengunaan Kb darurat
    5. Luka atau iritasi pada vagina
    6. dll.
    Untuk mengetahui dengan pasti penyebab keluhan Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes medis terkait seperti USG, tes darah, tes urin dll untuk memastikan kondisi Anda. Penggunaan KB darurat memang bisa menimbulkan gangguan menstruasi bisa dalam bentuk spotting, menstruasi maju atau mundur tergantung kondisi masing masing individu. Jadi efek bercak darah ini bisa menjadi efek dari penggunaan KB darurat Anda. Lakukan observasi selama 3-4 hari jika bercak darah tidak berkurang dan haid Anda belum tiba maka segera hubungi dokter kandungan untuk pemeriksaan seksama dan pengobatan optimal. Rutin berolahraga, cukup istirahat dan makan gizi seimbang bisa membantu melancarkan siklus menstruasi Anda. Baca topik Penyebab flek. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi