Tanya Dokter

  • Mengatasi bercak putih di kepala

  •  Sam Sidabutar
    Anggota
    halo dok...saya sam,umur 29th saya mulai mengalami rambut rontok sudah agak lama,sekitar 4tahun,ini sudah di level NORWOOD 3 VERTEX,untuk garis keturunan sih memang ayah dan paman saya juga botak ,di garis keturunan ayah saya cuma saya yg botak. sekarang rambut saya sudah dicukur habis,dan di kulit kepala ada bercak putih seperti panu,dan juga kulit kemerahan di bagian ubun2,dan juga sedikit terkelupas,di area yg botak yg saya tanya dok apakah saya mengalami jamur kulit di kepala? mohon bantuannya dokter terimakasih

    Hai,

    Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih telah memberikan pertanyaan di Alodokter.com. Saya dr. Radhianie Djan akan mencoba membantu menjawab pertanyaan anda.

     

    Sebelum Anda terburu-buru memberikan obat antijamur untuk bercak keputihan yang ada di bagian belakang kepala bayi Anda, sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu ke dokter. Tidak semua bercak putih di kulit menandakan infeksi jamur atau panu. Berikut adalah beberapa penyebab bercak putih atau hipopigmentasi:

    ·        pytiriasis alba

    ·        hipopigmentasi pasca peradangan

    ·        pytiriasis versicolor atau panu

    ·        efek samping obat-obatan, misalnya kortikosteroid oles

    ·        lepra/morbus hansen

    ·        vitiligo

     

    Oleh Karena itu agar dapat menentukan pengobatan yang tepat terhadap keluhan yang anda alami maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebab, lalu dilakukan tatalaksana terhadap penyebabnya. Oleh karena itu kami menyarankan sebaiknya anda bertemu dengan tenaga medis terutama dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah lengkap agar dapat mengetahui lebih jelas penybab dari keluhan yang anda alami.

     

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan anda.

                             

    Salam,

     

    dr. Radhianie Djan, BMedSc