Tanya Dokter

  • bercak putih di pipi usia 7 bulan

  • Alo dokter. Mau tanya, anak sy usia 7 bln ada bercak putih di pipi. Dok mengatakan anak sy alergi susu sehingga hrs di ganti susu hipoalergenic. Padahal waktu usia 0-6 bln memakai produk susu merk F yg bkn tipe hipoalergenic tidak ada kendala. Tahap 2 nya sy ganti susu merk M krn tahap lanjutan merk F nya mngandung gula.

    Yang ingin sy tanyakan, apa bnr anak sy alergi susu, sehingga hrs di ganti yg hipoalergenik? Atau mungkin kah krn produk sabun? Kebetulan sy jg br ganti merk sabun. Tp setau sy, sabun tsb tertulis anti alergi.

    Mohon jawaban nya dok. Terimakasih

    Dear Hilda, Bercak putih di pipi pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal:

    • dermatitis atopik, misal pencetusnya susu
    • dermatitis kontak, misal karena sabun
    • gigitan serangga
    • infeksi jamur
    • dsb.
    Alergi terhadap susu dapat muncul akibat bayi Anda mengonsumsi susu yang berbeda dengan susu yang dikonsumsi waktu dia berusia di bawah 7 bulan. Alergi susu bermanifestasi sebagai ruam atau bercak pada tubuh termasuk pada pipi. Kontak dengan sabun tertentu juga bisa menimbulkan gejala seperti ini. Anda bisa mulai dengan mengganti sabun tersebut dengan sabun bayi yang lain terlebih dahulu sebelum Anda mengganti susu formula. Jika keluhan mereda, maka kemungkinan besar benar karena alergi terhadap sabun. Jika keluhan menetap, Anda bisa mengganti susu formula tersebut dengan susu merk lain sesuai anjuran dokter. Jika ternyata keluhan mereda, maka benar bahwa bayi alergi terhadap susu tersebut. Jika ternyata keluhan masih tetap ada, pikirkan sebab yang lain. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah bayi Anda mempunyai kebiasaan mengusap pipi atau tidak. Usapan terus menerus pada pipi dapat memperparah gejala dermatitis atopik. Sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter jika keluhan tidak kunjung membaik. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya