Tanya Dokter

  • bercak putih di wajah

  •  Ila Ilaya N
    Anggota

    Dok, saya mau nanya. Saya memiliki bercak putih di wajah saya, awalnya sih bercak putihnya kecil dan saya berfikir itu adalah panu, lalu saya obati dengan mikonazol cream. Setelah beberapa minggu saya meemakai krim mikonazol, bercak putih itu malah makin melebar, dan saya ganti obat menjadi fungiderm krim, tapi hasilnya sama aja malah makin melebar lagi bercak putihnya. Saya bingung.... Penyakit kulit apakah ini??? Atau memang efeknya seperti ini???

    Ila Ilaya N  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Ita, Bercak-bercak putih di wajah dapat disebabkan oleh bebrapa kondisi seperti :

    1. Ptyriasis vesikolor / Panu
    2. Ptyriasis alba : munculnya suatu bercak keputihan mirip seperti panu, dan tidak gatal. Seringkali karena paparan sinar matahari berlebih, umumnya sembuh dendiri dalam beberapa minggu
    3. Vitilio
    4. Milia : dibandingkan bercak, lebih berupa bintil-bintil kecil
    Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter, jika perlu mungkin dapat dirujuk ke dokter kulit. Tujuannya adalah untuk memastikan diagnosa sehingga terapi yang diberikan dapat sesuai. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat