Tanya Dokter

  • bercak putih pada vagina

  •  dewii
    Anggota

    dok, saya mau nanya. saya merasa gatal pada vagina, iseng lihat dicermin terlihat bercak putih tepat diatas liang vagina. apakah itu berbahaya dok? :( bagaimana cara mengobatinya? saya baru menikah 4 bulan, usia saya 25 tahun, apakah itu jdi slah satu penyebab saya belum hamil? mohon penjelasannya. terima kasih.

    Halo Dewi, Munculnya bercak putih pada vagina paling umum disebabkan karena adanya infeksi jamur kandida. Hal ini sering dicetuskan oleh kondisi area kewanitaan yang sering lembab, penggunaan celana yang terlalu ketat, obesitas, wanita hamil, dan kebersihan organ intim yang kurang. Tetapi selain infeksi jamur, bercak putih pada area kewanitaan juga dapat disebabkan oleh lichen sclerosus. Penyebab dari lichen sclerosus sampai saat ini tidak diketahui secara pasti. Ada yang menghubungkan dengan perubahan hormonal atau dengan faktor imunitas. Oleh sebab itu untuk memastikannya, silahkan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. Karena dua hal tersebut membutuhkan terapi yang sama sekali berbeda satu dengan yang lainnya. Jika infeksi jamur membutuhkan obat anti jamur, lichen sclerosus membutuhkan obat kortikosteroid. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah :

    • Rutin mengganti pakaian dalam
    • Hindari penggunaan celana atau rok yang terlalu ketat
    • Jaga berat badan ideal
    • Membasuh vagina dengan gerakan dari depan ke belakang sehabis BAK
    • Hindari penggunaan panty liner
    Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memiliki keturunan. Beberapa di antaranya adalah masa subur, frekuensi berhubungan, kebiasaan tertentu seperti merokok, kondisi kesehatan reproduksi Anda dan pasangan, dan juga adakah penyakit kronis yang diderita oleh Anda dan pasangan. Anda harus memeriksakan diri ke dokter kandungan jika dalam 1 tahun berhubungan intim tanpa menggunakan pengaman, tetapi Anda belum juga hamil. Dokter akan mengevaluasi Anda dan pasangan secara keseluruhan untuk memastikan apakah penyebab Anda belum juga hamil. Berikut artikel tentang tips jitu cepat hamil Semoga membantu, dr. Tri