Tanya Dokter

  • Penularan HIV

  • Dokter saya ingin bertanya, 1 ciuman dapat terjadi penularan hiv? dia tidak ada sariawan, tapi lidahnya bintik", di foto itu lidahnya. Apa bisa tertular dokter?

    Tolong di jawab ya dokter

    Dokter tolong penjelasannya,

    Muhammad Baihaqi  Yuyunsentosa
    Anggota

    Setau saya ciuman itu tidak menularkan HIV. Tapi, apabila di area tersebut ada luka terbuka,kemudian anda juga memiliki luka terbuka, bisa jadi virus tersebut dapat menular. Masuk dalam tubuh melalui luka tersebut.

    Dear Baihaqi, HIV tidak menular dengan berciuman. Meskipun di dalam air liur HIV bisa terdeteksi, air liur mengandung enzim dan antibodi yang mencegah HIV menginfeksi sel baru. Namun perlu diperhatikan bahwa HIV dapat menular melalui luka terbuka penderita HIV di bagian tubuh mana pun yang bersentuhan dengan luka terbuka di bagian tubuh mana pun dari tubuh Anda. Penularan HIV lazim melalui:

    • hubungan seksual dengan penderita HIV baik secara vaginal, anal, maupun oral
    • melalui jarum suntik yang dipakai bergantian dengan penderita HIV, umumnya terjadi pada pengguna narkoba
    • transfusi darah yang terkontaminasi HIV
    • ibu hamil penderita HIV kepada janin yang dikandungnya
    Sebaiknya hindari semua rute penularan HIV. Hindari berhubungan seksual dengan cara apa pun dengan siapa pun di luar pernikahan. Hindari pemakaian narkoba dan pastikan jika mendapat transfusi darah, darah tersebut bebas dari HIV. Jika Anda pernah melakukan kontak berisiko di atas dan ingin mengetahui apakah Anda terinfeksi HIV atau tidak, maka Anda dapat melakukan pemeriksaan antibodi terhadap HIV 3 bulan setelah kontak berisiko. Bila hasilnya negatif, ulangi 3 bulan lagi. Selama proses ini, hindari kontak berisiko lagi karena jangka waktu 3 bulan akan dihitung dari awal lagi apabila terjadi kontak berisiko lagi. Berikut artikel yang dapat Anda baca: HIV / AIDS Memeriksakan diri untuk deteksi HIV Semoga bermanfaat dan salam, dr. Rony Wijaya