Tanya Dokter

  • Pendarahan ketika berhubungan intim pasca menstruasi. berbahayakah?

  • Halo dok, saya berusia 23th dan baru menikah 1bln lebih. Saya baru menjalani menstruasi 6 hari dan dr hari kelima memang tinggal sedikit2 darahnya dok. Ketika hari ke enam ini, hanya ada sedikit bercak darah haid bahkan nyaris bersih. Jd malamnya, saya berhubungan intim dengan suami, ketika penetrasi memang tidak ada berdarah sampai selesai. Tp ktka bangun pagi, ada bercak darah seperti darah haid berwarna merah tua disertai cairan bening. Apakah itu sisa darah haid? Berbahayakah? Apakah hubungan intim malam itu bisa berkemungkinan hamil dok? Berdampak kah pada bayi misalkan ada kelainan gitu dok?? Tolong pencerahannya dok 😊

    Hai Fitria,

    Pada dasarnya setiap hubungan intim yang dilakukan memiliki kemungkinan untuk menyebabkan terjadinya kehamilan, namun peluang untuk hamil akan lebih besar bila hubungan intim dilakukan pada saat masa subur wanita. Peluang untuk terjadinya kehamilan tidak tergantung pada apakah hubungan intim dilakukan pada pagi, siang atau malam hari. Oleh karena itu hubungan intim yang dilakukan pada malam hari tetap memiliki peluang untuk terjadinya kehamilan. Hubungan intim pada malam hari juga tidak menyebabkan dampak ataupun kelainan pada janin yang terbentuk.

    Adapun timbulnya perdarahan atau bercak darah usai berhubungan intim dan baru selesai menstruasi seperti yang Anda alami pada dasarnya dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti:


    Perdarahan yang timbul usai berhubungan intim sebenarnya merupakan kondisi yang umum dialami oleh wanita dan biasanya tidak berbahaya. Namun jika keluhan terus berulang maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri lebih lanjut. Tes penunjang seperti USG atau tes darah dapat dianjurkan oleh dokter jika diperlukan untuk menganalisis penyebabnya lebih jauh, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Lakukan foreplay/pemanasan yang cukup saat berhubungan intim
    • Komunikasikan dengan pasangan mengenai posisi yang nyaman dan tidak nyaman saat berhubungan seksual
    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Tunda melakukan hubungan intim bila perdarahan masih terjadi
    • Beristirahat cukup dan meminimalisir stres


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penyebab vagina berdarah usai berhubungan intim

    Semoga bermanfaat,

    dr. Muliani Sukiman