Tanya Dokter

  • Buang air besar berdarah hampir setiap hari

  •  agastiya98
    Anggota

    halo dok saya mau nanya udh lama saya setiap ke belakang berdarah terus hampir setiap hari saya juga udh nyari dokter spesialis dalam yang berbeda ada yang bilang saya maagh kronis infeksi usus radang lambung dan kmrin yang terakhir saya sempat dibilang kanker usus jika saya masih mengeluarkan darah. kalau menurut dokter saya harus gimana ya? setiap saya mengeluarkan darah perut saya sakit sekali kayak perih gtu badan saya juga bawaannya lemes setiap hari. sesekali saya juga pusing.

     Apakah saya harus ke dokter lagi atau gimana ya dok? maaf kalo saya banyak nnya.

    Terima kasih

    Selamat malam Agastiya98,

    Seperti apa ciri ciri perdarahan yang Anda alami saat BAB (buang air besar)? Apakah berwarna hitam, atau berwarna merah segar? Apakah disertai rasa nyeri? BAB berdarah dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, seperti:

    1. Perdarahan saluran cerna bagian atas: Paling sering disebabkan oleh tukak lambung yang merupakan luka pada dinding lambung, tetapi bisa juga terjadi pada usus kecil maupun kerongkongan. Hal ini merupakan kondisi yang harus diwaspadai. Biasanya dapat disertai oleh muntah darah atau cairan berwarna hitam.
    2. Disentri: Merupakan infeksi usus yang menyebabkan diare yang diserai darah dan atau lendir.
    3. Sirosis (pengerasan) hati yang parah
    4. Konsumsi obat yang mengandung zat besi
    5. Konsumsi makanan tertentu seperti buah bit atau blueberry
    6. Wasir atau ambeien
    7. Tumor atau kanker pada saluran pencernaan
    Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam (jika perlu konsultan gastro-entero-hepatologi), karena penyebabnya tidak dapat ditentukan tanpa dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan (tes darah, endoskopi) agar dapat ditentukan penyebabnya dan dokter dapat memberikan penanganan tepat.
    Untuk membantu mengatasi keluhan dirumah:
    • Makan makanan bergizi
    • Konsumsi air putih 8-10 gelas per hari
    • Berstirahat cukup
    • Kurangi konsumsi makanan pedas dan asam
    Salam,
     
    dr. Natasha