Tanya Dokter

  • Mengatasi iritasi wajah akibat penggunaan produk kosmetik

  • Dok mau nanya ?? Saya bru 5 hri pke produk dr. Pure dan itu kenapa yaa terasa panas di bagian pipi, di bwah hdung, di ujung bibir dan di ujung mata, itu terasa perih dan pnas dan mengering jg kulitnya bhkan mengelupas kulitnya ?? Pdhl aq org yg gonta ganti cream gak prnh mrasakan it tp mag sebelum ganti cream saya menetralkan kulit wajah kurang lbih 2mnggu smpe 1bln it gak pke cream ap2 n bedak jg gak.. Dan kalau sblm pke cream aq pke air hangat bgus gak dok unk wjah aq ?

    Hai Hellen, Terima kasih atas pertanyaannya. Keluhan munculnya ruam kulit berupa kulit yang terasa panas, perih, dan mengering setelah penggunaan kosmetik tertentu dapat disebabkan terjadinya dermatitis kontak (peradangan pada kulit akibat kontak dengan zat tertentu) atau Purging, yaitu <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">perburukan masalah kulit (biasanya jerawat) sebelum akhirnya menunjukkan perbaikan kondisi kulit yang bermakna. Hal ini biasa terjadi pada pengobatan jerawat yang menggunakan bahan seperti misalnya retinoid, AHA (</span><em style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; margin: 0px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; color: #000000;">alpha hydroxy acid<span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">), BHA (</span><em style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; margin: 0px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; color: #000000;">beta hydroxy acid<span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">) seperti asam glikolat, asam salisilat, dan sulfur.</span> Untuk memastikannya diperlukan anamnesis (tanya jawab dokter-pasien), pemeriksaan fisik khususnya pemeriksaan kulit, oleh karena itu, sebaiknya saat ini Kamu ke Dokter Umum atau Dokter Spesialis Kulit terdekat ya, setelah dilakukan pemeriksaan maka Dokter dapat memberi penanganan yang sesuai. Hal yang dapat dilakukan sementara ini:

    • Basuh wajah menggunakan sabun berbahan dasar ringan, hindari penggunaan air yang terlalu panas karena justru dapat membuat kulit semakin iritasi
    • Hentikan sementara penggunaan krim tersebut sebelum diperiksa dan dinyatakan aman oleh Dokter
    • Batasi penggunaan kosmetik pada wajah untuk sementara waktu
    • Banyak minum
    • Tingkatkan asupan sayur dan buah
    • Kelola stres psikis
    • Rutin berolahraga
    • Hindari paparan polusi udara: asap rokok, asap kendaraan, debu, dll
    Sekian semoga lekas membaik, dr.Annes