Tanya Dokter

  • Solusi atasi wajah meradang setelah berhenti skin care

  •  Alexia viera
    Anggota
    Dok, saya sedang hamil, kmren saya menggunakan cream wajah dri skincare terkenal. Saya tanya dokter dsana ttg cream yg saya pakai saat hamil, ternyata dokter mengganti jenis cream saya krn saya hamil. Nyatanya cream tdk cocok diwajah saya, dan menimbulkan reaksi (yg mumgkin disebut) alergi. Disitu saya pikir klo cream tdk boleh digunakan saat hamil, brrri selama ini cream saya kurang aman. Lalu saya pikir utk berhenti pakai cream dri skincare tsbt. Tapi dulu saya sya pernah coba berhenti selama 1 minggu, wajah saya malah keluar bintik2 merah, berisi air, dan gatal sekali, lalu jerawt saya besar2. Dan skrg pun ketika sya berhenti, wajah saya jg mulai meradang sprti itu, bahkan wajah saya nggak sejelek itu saat sblm perawatan disana, wajah saya sehat saja, tp knp stlh berhenti kok malah bermasalah. Apa yg harus saya lakukan agar wajah saya kmbali sprti sedia kala? Terimakasih, dokter.

    Hallo Bunda Alexia, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Memiliki kulit wajah yang sehat, cantik dan sempurna serta terbebas dari berbagi macam permasalahan kulit adalah dambaaan setiap wanita, termasuk wanita hamil. Tidak jarang berbagai macam cara perawatan kulit dilakukan untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Namun penggunaan produk perawatan wajah atau kosmetika tertentu pada ibu hamil tidaklah boleh sembarangan. Harus benar - benar dicari produk perawatan wajah dan kosmetika yang aman bagi ibu hamil.

    Selama kehamilan terjadi perubahan yang sangat signifikan didalam tubuh ibu hamil yang terdiri dari perubahan fisik dan juga hormonal. Hal inilah yang dapat mempengaruhi kulit dan tampilan ibu hamil. Sehingga tidak jarang pada saat hamil kulit termasuk kulit wajah mengalami berbagai macam permasalahan seperti timbulnya jerawat, flek hitam, komedo hingga permasalahan kulit lainnya. Yang harus diwaspadai adalah kosmetik atau produk perawatan kulit yang digunakan pada kulit dapat diserap oleh tubuh, kemudian akan masuk kedalam aliran darah yang mungkin bisa memasuki plasenta janin. Untuk itu, penting memastikan bahwa tidak ada bahan berbahaya pada kosmetik yang digunakan yang dapat terserap hingga masuk ke janin.

    Seperti kondisi yang anda alami, adanya perubahan cream wajah yang dokter berikan saat kehamilan anda saat ini memang mengindikasikan bahwa cream yang anda pergunakan sebelumnya adalah cream yang kurang aman bagi ibu hamil namun aman bagi wanita yang tidak hamil. Sehingga dokter menggantinya dengan cream yang aman dipergunakan bagi ibu hamil agar tidak terserap masuk melalui plasenta.

    Adanya reaksi alergi yang terjadi pasca penggantian cream yang baru memang bisa saja terjadi. Apalagi saat hamil kulit wajah menjadi jauh lebih sensitif dan rentan. Kondisi kulit anda yang saat ini juga menjadi kembali meradangan dan berjerawat dapat terjadi karena :

    • kulit wajah masih melakukan penyesuaian dengan kandungan produk perawatan wajah yang baru
    • perubahan kadar hormonal selama kehamilan yang membuat permasalahan kulit wajah anda lebih parah dari sebelumnya.

    Tentu permasalahan kulit wajah akan kembali datang karena selama ini kulit wajah anda sehat dan tidak bermasalah karena bantuan dari cream wajah yang anda pergunakan. Namun ternyata kandungan cream tersebut tidak aman bagi ibu hamil , sehingga saat kulit tidak mendapat bantuan dari cream tersebut permasalahan - permasalahan pun akan dapat muncul dengan mudah.

    Anda tidak perlu khawatir, kondisi wajah anda dapat tetap kembali seperti sediakala walaupun tidak dapat dilakukan secara instan. Diperlukan kesabaran yang ekstra, karena perawatan wajah tidak dapat dilakukan secara agresif. Yang dapat anda lakukan untuk membantu perawatan kulit wajah anda :

    • Ikuti semua anjuran dokter untuk perawatan kulit wajah anda
    • Jika anda merasa tidak cocok dengan perawatan wajah saat ini, anda dapat mencoba melakukan perawatan wajah dengan dokter spesialis kulit lainnya agar bisa mendapatkan perawatan kulit wajah yang cocok namun aman bagi ibu hamil
    • Coba perawatan kulit dengan bahan - bahan alamiah.

    Silahkan baca tautan dibawah ini untuk topik serupa :

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina