Tanya Dokter

  • masa subur dan cara cepat hamil

  • Halo dok saya anna nikah dari bulan februari 2015, setelah nikah saya kb selama 1 bulan , stelah it berhenti seminggu kemudian saya mengalami datang bulan. Pertanyaan saya, apakah it massa subur saya dok? Gmana cara nya agar cepat hamil? Terima kasih dok? Mhon dijawb?

    Hai,   Masa subur bisa diketahui dengan beberapa cara yaitu :

    1. Menggunakan alat ovutest yang bisa Anda beli di apotik
    2. Mengukur suhu basal tubuh sendiri setiap hari, pada masa subur terjadi peningkatan suhu tubuh dan disertai keluarnya lendir keputihan yang elastis, bening dan tidak berbau/ gatal.
    3. Menghitung dengan sistem kalender/ kalkulator masa subur di SINI.
    Masa subur / fertile terjadi 12-15 hari sebelum jadwal haid berikutnya. Maka dari itu akan mudah diketahui bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur. Beberapa tips agar Anda mudah hamil adalah :
    1. Sering berhubungan intim saat masa subur datang.
    2. Perhatikan kesehatan reproduksi Anda dan pasangan.
    3. Berpuasa seks 3 hari sebelum masa subur agar jumlah sperma cukup banyak.
    4. Minum asam folat dan vitamin E.
    5. Pola hidup sehat dengan berhenti merokok, tidak minum alkohol dan kopi dll
    6. Berolahraga rutin
    7. Istirahat cukup
    8. Hindari stress
    9. Hindari obesitas.
    Jika setelah 1 tahun penuh Anda mencoba dan tidak berhasil maka periksakanlah kesehatan organ reproduksi Anda dan pasangan Anda. Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan rahim Anda dengan pemeriksaan USG, tes darah dll. Sementara pada pasangan Anda akan dilakukan pemeriksaan analisa sperma dll. Baca artikel Tips mudah hamil di SINI.   Semoga membantu.   dr. Yusi