Tanya Dokter

  • Berhenti minum pil kb, apakah langsung hamil ?

  •  Linda Astuti
    Anggota
    Dok, saya mau tanya. Saya setelah menikah minum pil kb selama 2bulan, selesai minum pil kemarin tgl 17 november hari kamis malam jumat, nah hari minggu tgl 20 dan tgl 21 saya keluar darah kaya men padahal tgl 12 saya men. Nah sekarang saya gk minhm pil udah 2 minggu dr tgl 17 tapi gk tau hamil atau enggk, apakah akan hamil dok? Saya minggu kemarin sudah testpack dan rencananya besok mau testpack kembali ingin tau hasilnya. Dan jika negative saya mau minum pil kb lg, tapi saya bingung takutnya sekarang2 negative da nanti sebulan kemudian subur takutnya nanti kenapa2 kalo misalkan minum pil kembali. Mohon kejelasannya dok, terimakasih

    Terima kasih Linda Astuti atas pertanyaannya.

    Pil KB memang merupakan salah satu metode kontrasepsi yang sering digunakan karena efektif dan mudah didapatkan. Pil KB sendiri ada 2 jenis, yaitu yang mengandung 1 jenis hormon dan yang mengandung kombinasii 2 hormon.

    Sebenarnya, setelah menggunakan pil KB biasanya tubuh memerlukan waktu untuk mengembalikan siklus hormonalnya. Waktu yang diperlukan ini bervariasi dan sebagian besar akan kembali normal dalam waktu 3 bulan. Salah satu efek samping dari penghentian pil KB adalah gangguan menstruasi. Sehingga, yang Anda rasakan mungkin saja bukan kehamilan, namun dikarenakan efek paska penghentian konsumsi pil KB.

    Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan juga kalau Anda hamil, karena pengembalian siklus hormonal setiap orang bervariasi, bahkan ada yang sangat cepat (terutama karena kontrasepsi yang digunakan adalah pil KB). Test pack bisa saja negatif pada awal kehamilan. Karena itu, Anda dapat mencoba mengulang kembali test pack nya 1 minggu kemudian.

    Untuk memastikannya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Anda juga perlu memperhatikan adanya tanda-tanda kehamilan atau tidak pada diri Anda. Tanda-tanda kehamilan dapat berupa:

    1. Mual

    2. Sulit tidur

    3. Cepat lelah

    4. Sensitif terhadap bau

    5. Payudara mengencang

    6. dan lain-lain

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Tanda-tanda kehamilan

    Efek samping pil KB

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya

    Linda Astuti  Linda Astuti
    Anggota
    Terimakasih atas jawabannya dok.. Dok saya menggunakan pil KB microgynon nah tiba2 2hari setelah berhenti saya langsung keluar darah, mungkin itu efek hormonalnya ya dok? Tapi dok saya dengan suami tetap melakukan hubungan seperti layaknya minum pil kb, apakah nantinya gk berpengaruh? Saya sudah testpack jumat kemarin dan negative dan saya juga akan melakukan test kembali hari ini untuk mengetahui hasilnya. Tapi jikalau hasilnya negative apakah saya bisa meminum pil kb kembali? Saya takutnya sekarang belum positive tapi minggu nanti positive maknaya saya bingung untuk mengonsumsi pil KB kembali.

    Penggunaan pil KB harus sebaiknya dimulai pada hari pertama sampai kelima menstruasi.

    Jika Anda memang mengalami kehamilan, maka Anda tidak akan mengalami menstruasi.

    Linda Astuti  Linda Astuti
    Anggota
    Oh seperti itu dok, apa sebaiknya saya test kembali nanti sebulan setelah lepas minum Pil KB? Agar saya tau hasil yang sebenarnya dok?