Tanya Dokter

  • Cara berhenti pumping

  •  Windy801
    Anggota
    Dok selama ini saya tidak bisa menyusui langsung tapi hanya pumping. Sehari saya hanya pompa 4 kali karena produksi asi saya sedikit, sekali pompa hanya 80 an cc. Tidak dipompa lama juga payudara saya tidak keras. Tapi jika tidak dipompa terlalu lama ya keras jg sih dok. Bila saya ingin berhenti total sekalian bagaimana caranya dok? Apa minum obat dan mengurangi pompa? Makasih atas jawabannya..

    Hai Windy801. Terima kasih atas pertnyaan anda.

    Mendapatkan ASI merupakan hak azasi bagi setiap bayi, karena ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Air susu ibu mengandung zat gizi yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi yang sedang dalam tahap tumbuh kembang terutama pada 2 tahun pertama. ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan, setelah itu diperlukan juga makanan pendamping ASI.

    ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi karena merupakan suatu cairan biologis yang terdiri dari lebih dari 200 zat aktif termasuk imunoprotektor, enzim, hormon, vitamin, faktor pertumbuhan dan faktor lainnya  yang sama baiknya dengan nutrisi/ zat esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Komposisi ASI selama menyusui, berubah dari hari ke hari sesuai dengan kebutuhan bayi untuk pertumbuhan. Sehingga dianjurkan bayi dapat diberikan ASI eksklusi  selama 6 bulan, karena pada saat usia sebelum 6 bulan bayi belum membuthkan air, jus dan makanan lain selain ASI. Selain itu, ASI juga mudah dicerna olh pencernaan bayi dibandingkan dengan susu formula, dapat memberikan hubungan yang lebih dekat antara ibu dan bayi, memberikan kenyamanan dan kehangatan pada bayi saat menyusui,membuat intelegensia dan emosi anak lebih matang. 

    Produksi ASI sendiri dipengaruhi oleh banyak hal seperti keadaan emosional atau psikis, nutrisi ibu, kecukupan cairan ibu, meninggalkan bayi, kekhawatiran ibu bahwa ASI tidak akan cukup dan kemauan serta kepercayaan ibu bahwa ia dapat menyusui dengan ASI eksklusif. Jika anak anda belum usia 6 bulan maka sebaiknya tetap berikan ASI eksklusi dan bila usia lebih dari 6 bulan berikan ASI dan makanan pendamping ASI (MP ASI) sampai usia 2 tahun. Jika memang anak anda sudah lebih dari 2 tahun makan sebaiknya anda menghentikan pemberiaan ASI secara perlahan dan bertahap dan hindari menggunakan hal-hal aneh seperti memberi kopi atau apapun untuk menakuti anak. bila anda masih belum mengerti anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan anda.

    Anda dapat membaca artikel mengenai ASI Pompa/Perah

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Dian