Tanya Dokter

  • Urin berwarna merah setelah berhubungan

  • malam dok, setelah berhubungan dengan pasangan saya  tgl 18 november ketika tgl 22 november pasangan saya air seninya merah muda, apakah itu hormon HCgn atau masalah apa ? setelah di testpack negatif , dan kira kira mengecek kehamilan lagi tgl berapa ?

    Hai Harun, Urine berwarna merah muda seperti yang dialami oleh pasangan Anda tidak terkait dengan hormon hCG (human chorionic gonadotropin) atau hormon kehamilan. Urine yang berwarna merah muda dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab berikut ini:

    Bila keluhan terus berlanjut ada baiknya pasangan Anda berkonsultasi dengan dokter agar penyebabnya dapat ditelusuri dan diberikan penanganan yang tepat. Pemeriksaan testpack seperti yang dilakukan oleh pasangan Anda dapat mendeteksi kehamilan secara sederhana melalui tes urine. Pemeriksaan testpack sebaiknya dilakukan setelah mengalami keterlambatan menstruasi, karena pada saat itu hormon kehamilan telah semakin tinggi kadarnya dalam urine sehingga dapat dideteksi secara lebih akurat dengan testpack (bila memang terjadi kehamilan). Pemeriksaan testpack sudah dapat dilakukan sejak hari pertama terlambat menstruasi. Gunakan urine pertama pada pagi hari, dan pastikan pemeriksaan dilakukan dengan cara yang benar sesuai petunjuk pemakaian. Namun jika hasilnya negatif maka tes dapat kembali diulang 1 minggu kemudian. Artikel berikut ini memuat topik yang terkait: Tes awal kehamilan dengan testpack Penyebab kencing darah Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman