Tanya Dokter

  • Dampak berhubungan badan dengan penderita hepatitis B

  •  Kirana
    Anggota

    Dok, Saya memiliki pasangan yg bulan lalu baru mengetahui bahwa dia terkena hepatitis B. Yg ingin saya tanyakan 1.Cairan tubuh berupa apa saja yg dapat menjadi media penularan? 2.Lalu penularan melalui cairan tubuh (sperma/air mani) itu hanya saat berhubungan seks lalu cairan tersebut masuk ke dalam tubuh? atau apa jika sperma/air mani hanya menempel ditangan juga bisa langsung tertular?

    Halo Kirana, Hepatiti B menukar melalui cairan tubuh. Darah beserta produk-produknya, tranfusi dari darah yang terkontaminasi hepatitis B, pemakaian jarum suntik / alat tato / pisau cukur yang terkontaminasi, hubungan seksual (cairan mani dan vagina) serta dari ibu ke janinnya. paparan cairan darah/mani/vagina ke kulit umumnya tidak menyebabkan penularan sepanjang tidak ada luka pada kulit tersebut, tetapi cipratan / paparan pada selaput lendir (misalnya mata, selaput lendir rongga mulut berpotensi terjadi penularan). Jika pasangan Anda menderita hepatitis B , sangat disarankan pada Anda untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan uji tapis / skrining untuk mengetahui tertular hepatitis B atau tidak. Hanya dengan itulah nantinya dapat dipastikan Apakah anda terkena atau tidak. baca lebih lanjut mengenai hal ini pada tautan berikut : hepatitis b demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanffat.

    Kirana  Aryo Singgih
    Anggota

    Kirana November 4, 2016 at 10:50 pm Dok, Saya memiliki pasangan yg bulan lalu baru mengetahui bahwa dia terkena hepatitis B. Yg ingin saya tanyakan 1.Cairan tubuh berupa apa saja yg dapat menjadi media penularan? 2.Lalu penularan melalui cairan tubuh (sperma/air mani) itu hanya saat berhubungan seks lalu cairan tersebut masuk ke dalam tubuh? atau apa jika sperma/air mani hanya menempel ditangan juga bisa langsung tertular?