Tanya Dokter

  • Berhubungan intim 2 hari sebelum dan setelah ovulasi

  •  AriskaYusuf27
    Anggota

    selamat pagi dok.. yg saya ketahui bahwa ovulasi terjadi pada hari ke 14 terhitung dari haid pertama, dan saya berhubungan intim dengan suami saya pada hari ke 12(H-2 sebelum ovulasi) dan saya berhubungan lagi sekali pada saat hari ke 16(H+2) . pertanyaan saya,, berapa persen kemungkinan saya bisa hamil dok? siklus haid saya selama 2 bulan ini teratur dok, 28 hari. thanks

    Hai,

    Ovulasi atau proses pelepasan telur terjadi pada taksiran 14 hari sebelum haid berikutnya datang. Anggapan bahwa ovulasi terjadi pada hari ke-14 sejak hari haid pertama hanya berlaku pada mereka yang memiliki siklus haid 28 hari; bagi mereka yang memiliki siklus haid lebih atau kurang dari 28 hari (mis. 21-35 hari), ovulasi perlu dihitung mundur dari taksiran hari haid berikutnya.

    Belum ada penelitian yang menghitung persis berapa persentase kemungkinan hamil jika hubungan badan dilakukan pada masa subur; yang jelas, kemungkinan hamil tersebut akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan hubungan badan yang dilakukan di luar masa subur karena secara teoritis kehamilan akan terjadi saat sel telur bertemu dengan sel sperma (dan sel telur hanya dilepaskan 1 kali sebulan, yaitu pada masa subur). Adapun kemungkinan keberhasilan hamil pada populasi umum ialah 80-85% dalam 1 tahun pernikahan (dengan hubungan badan yang rutin dan tanpa menggunakan kontrasepsi).

    Baca juga artikel tentang merencanakan kehamilan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma