Tanya Dokter

  • Proses terjadinya pembuahan hingga terjadi kehamilan

  •  Ram Dhan
    Anggota
    Selamat pagi Dok, mau tanya, kalo saya setelah melakukan oral, lalu sesudah 15 menit saya memasukan penis saya ke vagina wanita (tetapi tidak sepenuhnya masuk) apakah dia bisa hamil? dan apakah sisa sel sperma yang di ujung penis saya masih hidup setelah 15 menit? Terimakasih.

    Halo Ram Dhan, Pertama-tama Anda harus memahami bahwa kehamilan terjadi bila sel telur yang dikeluarkan wanita (ketika ovulasi) dibuahi oleh sel sperma yang terkandung dalam air mani pria (ketika ejakulasi). Tanpa adanya sel telur, misalnya bila pasangan Anda tidak sedang berada pada masa subur, ataupun tanpa adanya sel sperma, karena ejakulasi tidak dilakukan di dalam vagina, maka tidak akan terjadi kehamilan. Lama hidup sperma yang terkandung dalam air mani bervariasi, tergantung dari faktor lingkungan. Di dalam tubuh wanita, sperma bisa bertahan hidup selama 3-5 hari. Namun, di luar tubuh, yaitu di udara terbuka, umumnya sperma hanya bertahan selama beberapa menit hingga satu jam. Bila air mani telah mengering, maka sudah tidak mengandung sperma yang aktif lagi. Terkait pertanyaan Anda, apakah saat melakukan penetrasi ke vagina, air mani di ujung penis Anda sudah mengering? Bila IYA, maka kecil kemungkinan terjadi kehamilan karena tidak terdapat sperma aktif yang bisa mencapai sel telur. Untuk memastikan apakah pasangan Anda hamil atau tidak, saya anjurkan melakukan pemeriksaan testpack bila terjadi keterlambatan haid. Untuk mencegah terjadinya kehamilan, alangkah baiknya bila Anda dan pasangan mempertimbangkan menggunakan kontrasepsi. Silahkan baca artikel terkait di sini Semoga membantu dr.LIli

    Ram Dhan  Ram Dhan
    Anggota

    Baik ,terimakasih dok atas jawaban nya. "Ada tambahan sedikit dok" sudah saya sarankan memakai test pack, sebelumnya dia melihat 2 strip yang satunya bayang tipis tak lama kemudian menyatu sehingga hasil akhir menjadi strip 1. apakah memang proses kerja test pack tersebut seperti itu? pasangan saya memang sedang terlambat haid yakni sudah satu bulan kurang lebih 15 hari (seperti biasannya dia haid 1 bulan satu kali). Jadi saya melakukan penetrasi ke dalam vagina disaat dia sedang terlambat haid. (Mohon di jawab kembali) Terimakasih Dok..