Tanya Dokter

  • Keluar cairan encer dari vagina setelah berhubungan intim

  •  fitrisa
    Anggota

    pagi dokter, saya fitri. Ingin menanyakan, kenapa setiap saya dan suami habis melakukan hubungan intim dan sprema suami saya sudah masuk ke dalam. Tetapi apakah perlu saya mengangkat kedua kaki dan meninggikan bokong agar sprema tidak kembali keluar? Lalu, kenapa tadi malam saya melakukan hubungan (sudah berlangsung 2x) ada cairan yang tiba2 keluar seperti air (cairan encer) yang keluar dari vagina saya. apakah cairan itu sperma suami saya, tapi kenapa seperti air bening saja dok? terima kasih sebelumnya

    Dear Fitrisa,

    Cairan sperma memang secara normal sebagian akan keluar kembali dari dalam vagina setelah masuk ke dalamnya. Hal ini disebabkan oleh gaya gravitasi yang akan mengalirkan cairan ke tempat yang lebih rendah ketika Anda duduk atau berdiri setelah melakukan aktivitas seksual.

    Dalam setiap mililiter cairan sperma yang keluar mengandung 20-150 juta sel sperma dan untuk terjadinya pembuahan hanya diperlukan satu sel sperma yang sehat. Jadi ketika ejakulasi terjadi di dalam vagina, sebagian cairan sperma masuk ke dalam saluran reproduksi dan di dalamnya terdapat sangat banyak sel-sel sperma sehingga keluarnya cairan sperma dari dalam vagina tidak mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan.

    Cairan bening yang keluar tersebut dapat merupakan cairan sperma yang keluar kembali atau keputihan. Keputihan yang normal memiliki ciri-ciri: bening atau keputih-putihan, tidak gatal, tidak berbau, tidak disertai rasa perih di vagina atau nyeri perut.

    Berikut artikel yang bisa Anda baca:

    Proses pembuahan

    Semgoa bermanfat dan salam,

    dr. Rony Wijaya