Tanya Dokter

  • Tidak ejakulasi dan kemungkinan hamil

  •  davepetter
    Anggota
    Halo dok saya ingin bertanya apabila beberapa minggu ini saya sering berhubungan intim dengan pasangan dan menggunakan kondom..namun tidak ejakulasi .. apakah hal tersebut aman untuk menghindari kehamilan? Dan hari ini saya berhubungan intim tanpa kondom namun hanya 2 menit dan tidak ejakulasi sama sekali ditambah pasangan menurut kalender normal adalah 4 hari sebelum jadwal menstruasi.. apakah aman dok? Terima kasih

    Hai davepetter,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Berhubungan intim tanpa ejakulasi sesungguhnya masih berpotensi menyebabkan kehamilan. Mengapa demikian? Karena, menurut beberapa literatur, cairan yang keluar sebelum ejakulasi (cairan precum) masih memiliki potensi mengandung sperma, meski sangat sedikit. Jika ada 1 saja sperma yang masuk ke dalam vagina dan membuahi sel telur, maka kehamilan pun dapat terjadi. Namun, potensi kehamilan ini tentu jauh lebih kecil dibandingkan jika Anda melakukan ejakulasi di dalam vagina.

    Jika menilik dari siklus menstruasi wanita, 4 hari sebelum prakiraan jadwal menstruasi berikutnya bisa merupakan masa subur, bisa juga tidak. Apabila pasangan Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak beraturan, maka sangat sulit untuk menentukannya.

    Penggunaan kondom, selama dilakukan dengan benar, dapat menurunkan potensi kehamilan bahkan hingga 99%. Namun, jika hubungan seksual yang Anda lakukan tidak dilindungi oleh kondom, maka meski Anda tidak melakukan ejakulasi, potensi kehamilan akan lebih besar dibandingkan dengan jika Anda menggunakan kondom.

    Untuk memastikan, apakah pasangan Anda hamil atau tidak, ia bisa melakukan pemeriksaan testpack atau memeriksakan diri secara langsung ke dokter ya..

     

    Artikel berikut mungkin berguna bagi Anda:

    Your chances of getting pregnant: the odds during ovulation

    The effectiveness of condoms

    Can you get pregnant with precum?

     

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah