Tanya Dokter

  • Keluar darah setelah hubungan intim dengan kondisi sedang hamil muda

  • Malam dok, Saya risma.. Saya dlm kondisi hamil saat ini dan perkiraan bidan usia kehamilan saya 5-6minggu.. Kmrn malam 041116 saya berhubungan intim dengan suami dan dilendir vagina saya ada sedikit darah.. Dan pagi harinya waktu saya buang air kecil tidak ada..namun malam ini seperti ada bercak darah yg keluar.. Apa kondisi bayi saya baik2 saja dok? Mohon nasihatnya..

    Halo Risma, Terima kasih atas pertanyaannya. Keluar darah saat setelah melakukan hubungan seksual pada masa kehamilan muda tentunya dapat mengkhawatirkan, hal ini dapat disebabkan oleh iritasi vagina, atau masalah yang lebih serius seperti ancaman keguguran. Untuk memastikan apa yang terjadi sebaiknya Kamu memeriksakan diri ke Dokter Kandungan agar dapat dilakukan anamnesis (Tanya jawab dokter-pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti USG, sehingga Dokter dapat menyarankan penanganan yang tepat sesuai dengan keadaan Kamu. Selain memeriksakan diri ke Dokter, hal yang dapat Kamu lakukan adalah:

    • Batasi aktivitas fisik
    • Istirahat yang cukup
    • Hindari mengangkat beban berat
    • Konsumsi makanan sehat secara teratur
    • Hindari melakukan hubungan seksual sampai Dokter yang telah memeriksa Kamu memperbolehkan
    • Cukupi kebutuhan cairan (minum yang cukup)
    • Kelola stres psikis (meditasi, yoga)
    <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Harap diingat perdarahan pada trimester awal tidak selalu terkait dengan keguguran. Banyak ibu hamil yang mengalami hal tersebut namun tetap bisa melahirkan buah hati mereka.</span> Demikian semoga bermanfaat, dr.Annes

    Risma Dame Marpaung  Fid Fie Dut
    Anggota

    siang dok,, maaf saya tanya di pesan mbak ini,  dok  kan vagina saya keluarin cairan coklat dikit itu udah 2 hari, trs stlah saya makan nanas stlah itu keluar darah merah, apakah itu keguguran dok  

    Risma Dame Marpaung  Fid Fie Dut
    Anggota

         

    Risma Dame Marpaung  Ofie Safarudin
    Anggota

    siang dok, umur saya 19 tahun.. tepat tgl 1 september lalu saya melahirkan anak pertama prematur 27 minggu.. sebelum melahirkan saya berhubungan badan dan sempat mengeluarkan lendir bercampur bercak darah. saya sekarang hamil 5 minggu jarak hanya 2 bulan setelah kelahiran pertama. apa resiko prematur lebih besar untuk kelahiran kedua?? apa bisa dicegah sejak dini??? harusnya saya periksa kebidan atau spog??