Tanya Dokter

  • Berhubungan intim saat haid blm selesai ?

  •  Puzhie27
    Anggota
    Malem dok,saya puji.mau tanya dok , sya bbrpa kali di ajak berhubungan badan sma suami saya saat haid saya blm selesai Msih ada flek2 nya gtu kira2 hari ke 4 haid. Tiap habis berhubungan pasti lgsg keluar darah lg.kemudian sya keramas tp ada flek lg. Bbrpa kli brhubungan msh kya gtu . nah kira2 berbahaya buat organ saya ga dok klo sprti itu? Tkut nya krna blm bersih darah nya kemudian di tusuk jd darah nya msh d dalam gty dok? Saya jd tkut sndri , tp nolak suami jg kan dosa dok. Gmna ya dok penjelasan nya klo berhubungan sblm haid slsai bahaya atau tidak ?? Apa dampak negatif/positif nya ??Trmksih

    Halo,

    Siklus menstruasi pada setiap wanita dapat berbeda. Lama masa menstruasinya juga tidak akan sama persis, tidak semua wanita mengeluarkan darah mens selama 1 minggu. Rentang yang normal adalah 2 sampai 7 hari.

    Akhir menstruasi biasanya ditandai dengan menurunnya volume darah menstruasi bahkan dapat berupa flek-flek darah yang sangat sedikit. Bila hubungan seksual dilakukan pada saat darah menstruasi masih ada, resiko yang mungkin terjadi adalah infeksi kuman pada vagina dan panggul/rahim, dikarenakan darah merupakan media tumbuh kuman, dan darah bisa masuk ke dalam panggul/rahim karena mulut rahim sedikit terbuka pada saat menstruasi. Kemungkinan penularan Penyakit Menular Seksual juga lebih besar, bila hubungan seksual tidak menggunakan kondom, karena terdapat banyak darah dalam liang vagina. Namun berhubungan seksual saat menstruasi juga memiliki beberapa kelebihan, yang dapatAnda baca dengan klik di sini.

    Bila Anda masih merasa khawatir, sebaiknya Anda melakukan konsultasi medis langsung dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis menyeluruh dan cermat. Bila diperlukan Dokter akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan USG perut.

    Untuk menjaga kesehatan tubuh dan organ intim, Anda dapat melakukan hal-hal berikut :

    ·         Aturlah Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi SeimbangBerolahraga secara teratur, tidur cukup 6 sampai 8 jam di malam hari, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, dan mengelola stress dengan bijaksana. 

    ·         Jagalah kebersihan organ intim untuk menghindari infeksi pada organ reproduksi Anda. Gantilah pembalut minimal 3x dalam sehari selama masa menstruasi, gunakan celana dalam yang menyerap keringat, hindari penggunaan pantyliner, dan bersihkan vagina dengan air bersih serta sabun yang lembut tanpa parfum.


    Demikian info Kami, semoga membantu Anda.

     

    Salam, dr. Caecilia.