Tanya Dokter

  • Berhubungan Intim Saat Hamil

  •  prita sarah
    Anggota

    Hai semua yang ada di forum Alodokter.. Mau nanya nih..apa kah aman untuk berhubungan saat hamil? Saya sekrang sedan hamil 4.5 bulan dan ini anak pertama. Nah trus apa sepanjang masa hamil itu boleh berhubungan? Atau kalo sudah hamil tua nggak boleh sama sekali? Trima kasih yah atas saran2 dan bagi2 cerita nya.

    prita sarah  aisyah16
    Anggota

    Hi Prita! salam kenal yah. Nama gw Aisyah. Setau gw hubungan intim pas hamil sih oke2 aja. Pas hamil anak pertama, gw n suami berhubungan itu sampai kehamilan gw berumur 7 bulan. Gw jg ga pernah nanya dokter sih. Tp alhamdulilah kehamilan gw lancar2 aja dan anak lahir sehat. Pas hamil ke dua juga gitu kok. biasa aja. Gak ada efek negatifnya buat gw ataupun anak. Smoga membantu yah! Kalo lu ragu mending tlp aja dokter kandungan.

    prita sarah  Dr. Liyadi
    Anggota

    Dear Anggota Forum Alodokter Perkenalkan, saya Dr Liyadi dari Alodokter.com Setiap ibu hamil disarankan untuk rutin memeriksakan dirinya ke dokter spesialis kandungan. Hal ini untuk memastikan proses kehamilan yang lancar dan juga memantau pertumbuhan sang bayi. Jika Anda merasa khawatir atau tidak nyaman untuk berhubungan intim saat hamil, Anda memiliki hak untuk memilih demikian. Keinginan untuk berhubungan intim bisa berbeda-beda pada setiap ibu hamil danjuga  pada setiap kehamilan. Pada umumnya, selama kehamilan seorang ibu sehat dan normal-normal saja, berhubungan intim tidak menimbulkan dampak negatif atau risiko pada ibu maupun bayinya. Walau banyak yang berspekulasi bahwa hubungan intim saat hamil dapat menyebabkan keguguran, hal ini tidak benar. Keguguran pada umumnya terjadi akibat kelainan pada kromosom janin atau akibat gangguan pada pertumbuhannya sehingga janin itu tidak dapat bertahan hidup. Penyebab lain terjadinya keguguran adalah infeksi atau masalah kesehatan sang ibu. Sang bayi juga dilindungi oleh air tuban di rahim dan jaringan-jaringan otot disekitarnya. Jadi, berhubungan intim pada umumnya tidak menyebabkan keguguran atau kelahiran yang prematur. Semoga ini membantu. Ingat untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda jika ragu. Salam sehat Dr Liyadi Alodokter

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.