Tanya Dokter

  • Keamanan berhubungan intim saat hamil

  •  hkachmad
    Anggota
    Selamat malam dokter, saya nuna dari kaltim. Ini kehamilan pertama saya, saat ini usia kandungan saya 14w5d. Entah kenapa selama hamil rasa ingin untuk berhubungan intim dengan suami semakin besar. Akan tetapi suami sangat takut untuk melakukan hubungan intim, mungkin di karenakan ini kehamilan pertama saya dan sangat di tunggu tunggu kehadirannya. Saya dan suami beberapa kali melakukan hubungan intim itupun sangat jarang karna saya dan suami juga sekarang LDR, namun suami tidak melakukan penetrasi terlalu dalam karna rasa takut tadi, jadi bisa di katakan hanya melakukan penetrasi setengah dan sangat pelan. Setiap bulannya saya rutin untuk usg dan juga menanyakan hal ini ke dokter spesialis namun tidak terlalu terperinci karna kadang saya sama suami malu untuk menanyakan hal seputar hubungan intim secara langsung. Jadi yang menjadi pertanyaan saya apakah tetap aman dok melakukan hubungan intim walaupun penetrasi tidak terlalu dalam (bisa di katakan hanya menggesekan vagina pada penis) dan apakah janin saya akan merasakan guncangannya dan apakah itu berbahaya ? Mohon penjelasannya dan terima kasih dok :)

    Halo,

    Terimakasih atas pertanyaannya di Alodokter. Jika kehamilan yang Anda jalani saat ini tidak ada keluhan apapun seperti peradarahan atau kontraksi pada dasarnya hubungan intim dengan suami tergolong aman untuk dilakukan.

    Janin tidak akan terluka ketika seorang wanita hamil berhubungan seksual dengan suami. Cairan ketuban dan otot-otot yang kuat dalam rahim melindungi bayi, serta lendir tebal yang menutupi leher rahim membantu melindungi bayi dari bahaya infeksi. Selama berhubungan seksual, penis tidak dapat menembus rahim, sehingga tidak akan mencapai bayi. Aktivitas seksual tidak akan mempengaruhi bayi Anda.

    Namun apabila pada kehamilan Anda mengalami keluhan seperti nyeri perut, kontraksi, atau perdarahan saya sarankan Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar