Tanya Dokter

  • berhubungan intim saat menstruasi

  •  minii
    Anggota
    Assalammualaikum dok, saya mini usia 24 tahun.. begini dok, saya baru menikah selama 7 bulan.. belum dikarunia anak dok.. Nah pada saat itu saya dan suami melakukan hubungan intim disaat menstruasi hari ke 5 dok.. kami kira krna hanya tinggal sdikit seperti flek itu tidak papa.. tapi ternyata setelah itu, esok harinya suami saya mengalami gatal-gatal didaerah paha nya dok.. sperti memerah dan sangat gatal.. Apakah hal itu bisa trjadi karena berhubungan intim saat menstruasi dok?? Apakah itu bisa menyebabkan virus HIV dok?? Trimakasih dong.. mhon jwabannya

    Selamat malam,

    Berhubungan intim saat menstruasi resiko paling tinggi adalah jika kebersihan penis tidak dijaga setelah berhubungan, maka resiko terjadi nya infeksi pada penis dapat meningkat, karena darah adalah medium yang baik untuk bakteri dapat berkembang biak.

    Gatal-gatal pada daerah paha dapat disebabkan oleh beberapa hal :

    • Infeksi jamur
    • Gigitan serangga
    • Infeksi kulit lain

    Kemungkinan Suami Anda mengalami infeksi jamur yang terjadinya kebetulah sesaat setelah berhubungan  badan. Infeksi jamur ini dapat memberikan gejala gatal pada penis atau sekitarnya, biasnya memberikan gambaran suatu lesi yang besar diikuti beberapa lesi (luka memerah) di sekeliling lesi yang lebih besar. Jika itu yang terjadi kemungkinan adalah infeksi jamur candida. Jamur candida sering menyerang pada wanita dan keluhannya biasanya lebih ringan, jadi sering tidak dirasakan oleh wanita, jadi mungkin saja Anda juga mengalami infeksi jamur yang tidak Anda sadari, sehingga menular ke suami Anda.

    Saran Saya agar Anda berkonsultasi dengan dokter kulit kelamin agar dapat dilihat secara langsung apa yang terjadi pada Suami Anda sehingga keadaan tersebut dapat didiagnosis dengan tepat dan diberikan terapi dengan tepat.

    Untuk virus HIV sendiri Jika memang Anda berdua bebas HIV, maka tidak akan tiba-tiba muncul virus HIV tanpa sebab. Jika terinfeksi HIV pun biasanya tidak akan langsung memberikan gejala, gejalanya dapat timbul lebih dari 6 bulan setelah terinfeksi.

    Sekian informasi dari Saya, semoga bermanfaat.

    dr.Anthony