Tanya Dokter

  • Berhubungan intim saat haid

  •  Cinkz Moernii
    Anggota

    Malam dok... Maaf saya mau tanya...suami saya kemarin minta berhubungan saat haid. Awalnya saya ragu...dan yang membuat saya takut itu suami saya ejakulasi di dalam...padahal tidak memakai alat kontrasepsi. Apa kah ada resikonya dok? Sebaiknya saya harus gimana ya dok untuk mengatasinya? Terima kasih sebelumnya dok..

    Hai Berhubungan saat haid sangat kecil kemungkinan untuk terjadi kehamilan karena pastinya sedang dalam keadaan tidak subur. Dari sisi medis, berhubungan saat haid memiliki beberapa manfaat positif seperti:

    • Menambah kepuasan saat berhubungan karena terjadi perubahan hormonal pada wanita sehingga merasa lebih bergairah
    • Menambah kesenangan akibat pengeluaran hormon endorfin sehingga mengurangi stres
    • Mengurangi nyeri saat haid.
    Namun ada juga efek negatif yang mungkin muncul terutama bila salah satu dari pasangan mempunyai penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual misal hepatitis B, C, HIV, dsb. Maka penularan akan lebih mudah karena saat haid pembuluh darah sedang dalam keadaan terbuka dan juga lebih memudahkan terjadinya infeksi bakteri. Informasi terkait dapat Anda baca secara lengkap pada artikel berikut ini: Fakta-fakta bercinta saat haid. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william