Tanya Dokter

  • berhungan seks dengan penderita HIV

  • Saya mau tanya dok pasangan saya penderita hiv+ Jika saya ingin melakukan hubungan sex dengan pasangan saya apakah memakai kondom sudah cukup aman?

    Hai Andreas Kondom tidak dapat mencegah 100% penularan HIV saat berhubungan dengan penderita positif HIV. Walaupun kondom cukup efektif dimana menjadi penghalang untuk terjadinya kontak dengan cairan tubuh dan darah, namun ada beberapa kemungkinan terjadi seperti kesalahan penggunaan, robekan kecil, pada saat penggunaan kondom. Dari hasil penelitian, kondom dapat menurunkan risiko penularan HIV sebesar 80% dibanding tidak menggunakan kondom. Namun ini juga tergantung dari faktor seperti:

    • Apakah pada penderita HIV sudah dalam pengobatan antiretroviral, dimana bila sudah dalam pengobatan, jumlah virus dalam tubuh (viral load) sudah berkurang dan menyebabkan risiko penularan lebih kecil
    • Gaya berhubungan seperti misal melalui anal, vaginal atau oral. Dimana hubungan melalui anal paling berisiko terjadi penularan HIV.
    Anda dapat melakukan konsultasi dan konseling pada poli VCT (Voluntary counseling test) pada rumah sakit, dimana disini Anda akan diberikan informasi lengkap mengenai HIV, dan tindakan bila adanya kontak dengan HIV. Anda tidak perlu khawatir untuk berkonsultasi pada poli VCT karena semua kerahasiaan dijaga dan memang poli ini dibuat untuk penanganan serta pencegahan HIV. Informasi mengenai penyakit HIV dapat Anda baca pada artikel berikut ini: HIV-AIDS. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william