Tanya Dokter

  • Bernafas dan menguap terasa tidak lega

  • halo dok.. saya sudah lama mengalami gangguan pernafasan sekitar 5-6 tahun lalu.. untuk bernafas plong sangat sulit dan jarang bisa plong.. saya sudah membaca beberapa pertanyaan lain yang sama.. dan ada yang berkaitan dengan gangguan syaraf/otot. penyebab saya sulit bernafas plong bermula dari saya melakukan pull up (angat badan dengan saru tangan ) waktu SMK dulu.. waktu itu memang tidak langsung sulit untuk bernafas.. tapi pas menjelang subuh, tiba" bernafas sangat sulit dan saya sangat panik sekali.. tetapi seiring berjalannya waktu menjadi terbiasa bernafas berat seperti iNi.. cuman saja akhir" ini rasanya mulai lagi seperti waktu itu.. punggung dan lengan bagian kiri juga terasa nyeri tapi tidak sakit. apalagi ketika membungkuk (rukuk).. sangat terasa nyeri seperti kesetrum tapi tdk sakit... waktu tidur saya juga menjadi lebih panjang 12 jam bahkan kadang lebih.. padahal dulu rajin banget bangun pagi.. saya juga sudah berobat ke rumah sakit (waktu 5-6 thn lalu) di cek paru" dan jantungnya sehat.. dokter di rumah sakit itu juga bingung.. karna waktu itu saya belum tahu kalau penyebabnya karena otot atau syaraf dipungung.. mohon petunjuk untuk membrikan saran.. harus bagaimanakah saya dok?? apakah saya bisa sembuh dan bernafas dengan normal lagi, karena saya sudah sangat kangen cara bernafas dengan normal.. haruskah saya ke dokter spesial paru" atau syaraf/otot. maaf jika terlalu panjang.. oh iya dok.. saya kalau mau tidur itu juga cuma karena lupa/ sangat capek/ kalau ngak tangan kiri harus di digerak"kan memutar dulu baru nafas sedikit lega. terimakasih dan mohon jawabannya..
    Novendra Surya Kurniadi  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Novendra, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Kesulitan dalam melakukan bernafas disebut dengan sesak nafas, hal ini memang tidak selalu disebabkan karena gangguan pada paru-paru / bagian sistem pernafasan, berikut beberapa kemungkinan lain :

    • Gangguan pada sistem pernafasan (gangguan pada hidung, tenggorokan, dan saluran nafas bagian dalam serta gangguan pada paru-paru dan pembungkusnya -- dapat disebabkan karena infeksi, iritasi, alergi, keganasan, dan sebagainya)
    • Gangguan pada sistem jantung dan pembuluh darah
    • sistem saluran cerna (akibat asam lambung yang meningkat terus menerus)
    • sistem otot dan persendiain (umumnya memiliki riwayat trauma / benturan / dsb pada daerah sekitar dada)
    • sistem persarafan 
    • psikologis (kecemasan, panik, dan sebagainya)

    Bila sudah berlansung hingga 5-6 tahun dan keluhan menentap sepanjanng hari, maka kondisi ini memerlukan perhatian khusus -- kami sarankan Anda menemui dokter spesialis paru untuk dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut, dan bila pelru akan dilakukan pemeriksaan serpti rontgen foto, spirometri, dan sebagainya -- untuk memastikan ada tidaknya gangguan pada sistem pernafasa, dan bila hasil dirasa tidak bermasalah maka kemungkinan akan dilakukan rujukan pada bidang lain yang terkait (kemungkinan dokter spesialis penyakit dalam, spesialis saraf, dan sebagainya). Sementara ini kami sarankan Anda untuk melatih pernafasan, kelola stress dengan bijak, berhenti merokok (atau terpapar asap rokok), olahraga ringan secara teratur seperti jogging, konsumsi makanan dengn gizi dan nutrisi seimbang, kompres bagian lengan yang terasa sakit dengan air hangat, dan hindari aktiftias fisik berlebih. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo