Tanya Dokter

  • Sulit membedakan kejadian nyata dan mimpi

  • Halo Dokter,

    Saya dulu punya teman. Satu hari, ia bersikeras kalau ia sudah mengerjakan tugas kelompok kami, namun ketika dicek ternyata tugasnya belum dikerjakan sama sekali. Tapi ia tetap bilang kalau ia sudah mengerjakan malam hari.

    Beberapa hari berikutnya, ia mengaku kalau ternyata ia hanya mimpi. Ia mimpi mengerjakan tugasnya, tapi terasa nyata sampai ia tidak bisa membedakannya.

    Memang ada yang seperti itu ya Dok? Kalau ada, apa itu penyakit gangguan mental atau apa?

    Mohon informasinya, Dok.

    Terima kasih.

    Novia Kurniasih  Novia Kurniasih
    Anggota

    Halo Dokter, Belum ada informasi ya, Dok? Saya tunggu. Terima kasih.

    Halo,   Mendiagnosa gangguan mental tidak bisa dilakukan berdasarkan konsultasi seperti ini. Dibutuhkan penilaian secara langsung terhadap individu tersebut oleh psikolog / psikiater untuk mengetahui apakah ada gangguan pada pola pikir orang tersebut yang Anda anggap "tidak bisa" membedakan mimpi dan kenyataan. Terkadang saat dalam kondisi panik / bahaya seseorang akan melakukan mode "flight/ fight"  = (kabur / maju terus ) yang normal terjadi agar seseorang bisa aman dan terhindar dari bahaya. Pada kasus teman Anda karena pada akhirnya dia mengaku bahwa dia mengalami mimpi yang terasa nyata mungkin saat kejadian sebenarnya teman Anda mengalami mode tersebut karena takut disalahkan atau mengalami gangguan kepribadian tertentu, atau teman Anda mengalami lucid dream (mimpi yang terasa nyata) Untuk mendiagnosa gangguan kepribadian maka observasi perlu dilakukan secara seksama dan berkala. Saran terbaik kami adalah ajak teman Anda berdiskusi dan jika memang perlu cari bantuan ahli (psikolog) terdekat. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Novia Kurniasih  Novia Kurniasih
    Anggota

    Oh baiklah, terima kasih Dok, atas informasinya.