Tanya Dokter

  • Penyebab bersin berulang kali

  • Mau tanya dok, Adik sepupu saya, perempuan umur 14 tahun, setiap bersin selalu lebih dari 7 kali, dan berturut turut tanpa jeda diantara tiap bersin (setelah bersin pertama, belum sempat ambil nafas langsung bersin kedua, ketiga, dst sampai 7 kali, bahkan pernah sampai 12 kali). Ini terjadi setiap dia bersin dok. dia tidak pernah bersin sekali atau dua kali saja, selalu sebanyak itu bahkan saat tidak sedang flu. nah masalahnya ketika dia sedang flu, dia sangat tersiksa karena sekali bersin saja paling tidak 7 kali, sedangkan ketika flu hidung sangat gatal.

    ditunggu jawabannya dok, terima kasih...

    Aditya Pradipta  Aditya Pradipta
    Anggota

    Oiya dok sebagai data tambahan, sepupu saya itu tidak menderita alergi debu, karena dia sering menyapu ruangan di rumahnya yang sangat berdebu dan dia tidak bersin sama sekali. Anehnya, dia sering ikutan bersin apabila melihat orang lain bersin, dan tetap sebanyak lebih dr 7 kali bersinnya. Pernah juga saya coba rangsang menggunakan rambut dimasukkan ke hidungnya, dia malah bersin sebanyak 2 sesi,, sesi pertama berturut2 9 kali, kedua 7 kali. pernah juga dia hampir kecelakaan karena tiba2 bersin semacam ini ketika naik sepeda pulang sekolah. kalau terus begini, selain tersiksa, juga membahayakan. terima kasih atas pencerahannya Dok.... :)

    Dear Aditya, Bersin-bersin berulang kali cukup spesifik sebagai keluhan rhinitis alergi.  Rhinitis alergi merupakan penyakit alergi yang bermanifestasi pada saluran napas. Selain bersin-bersin, rhinitis alergi menimbulkan gejala berupa: hidung tersumbat, hidung berair, dan hidung gatal. Gejala tersebut muncul akibat reaksi imunitas tubuh terhadap substansi yang sebenarnya tidak berbahaya tetapi dianggap berbahaya oleh tubuh. Substansi tersebut dinamakan alergen. Alergen akan memicu sel mast (salah satu sel kekebalan tubuh) untuk menghasilkan histamin. Histamin akan membuat mukosa hidung mengalami peradangan dan menimbulkan gejala seperti bersin-bersin. Berikut macam alergen yang paling sering:

    • debu tungau rumah
    • kecoak
    • serbuk sari
    • bulu binatang
    • dsb.
    Terapi utama untuk rhinitis alergi adalah menemukan dan menghindari sedapat mungkin alergen yang diketahui. Untuk meredakan gejala, dokter akan meresepkan obat antihistamin dan jika perlu steroid semprot hidung. Karena itu, konsultasikan dengan dokter mengenai keluhan ini agar dapat dicari penyebab yang lebih pasti dan diberikan terapi yang tepat. Dokter mungkin akan merekomendasikan tes alergi untuk membantu menentukan pencetus rhinitis alergi. Berikut anjuran yang dapat dilakukan:
    • hindari sedapat mungkin alergen yang telah diketahui
    • gunakan masker jika sedang membersihkan rumah atau keluar rumah
    • ikuti petunjuk dokter
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Rhinitis alergi Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya