Tanya Dokter

  • Bersin-bersin, batuk dan sesak napas gejala penyakit apa?

  •  Nuraini Nuy
    Anggota

    Dok, saya ingin bertanya. Saya sering bersin2 di waktu pagi, kadang siang juga sering bersin2 seperti itu, kadang kalo lagi kambuh 10 kali bersin pun ada dlm satu waktu itu, kadang juga disertai batuk dan sesak napas, kenapa ya dok?

    Hello, Bersin sebenarnya bukan merupakan penyakit, namun merupakan mekanisme pertahanan tubuh manusia terhadap zat-zat atau bahan-bahan yang masuk ke dalam hidung. Pada individu yang mengalami bersin lebih banyak dari individu lain, kemungkinan memiliki hipersensitifitas atau lebih sensitive terhadap bahan-bahan tertentu (atau yang dikenal di masyarakat sebagai gejala alergi). Misalkan hipersensitif terhadap debu, asap, rokok, dingin, jerami, kapuk, dan lainnya. Selain sebagai proses normal dan tanda hipersensitifitas, bersin juga disebabkan oleh penyakit seperti:

    1. Rhinitis bakteri
    2. Rhinitis virus (influenza)
    3. Rhinitis vasomotor
    4. Rhinitis drug induced
    5. Rhinitis hormonal
    6. Rhinitis structural
    7. Rhinitis occupational
    8. Infeksi saluran pernafasan atas lain, jika diikuti dengan gejala lain seperti batuk
    9. Infeksi saluran pernasafan bawah lain, jika diikuti dengan gejala lain seperti sesak
    Untuk dapat memastikan apakah Anda termasuk dalam bersin yang disebabkan oleh alergi, Anda membutuhkan pemeriksaan alergi seperti patch test atau prick test. Namun untuk menentukan apakah Anda termasuk dalam bersin yang disebabkan oleh penyebab non alergi, Anda membutuhkan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter yang memeriksa Anda. Anda dapat mengakses laman ini mengenai pilek yang disebabkan oleh infeksi, dan laman ini mengenai rhinitis baik yang disebabkan oleh alergi atau non alergi, untuk mendapatkan pengetahuan lebih mendalam mengenai gejala yang Anda rasakan. Anda juga dapat menemukan cara-cara pengobatan dan cara pencegahan dalam laman-laman tersebut. Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean