Tanya Dokter

  • Mengatasi benjolan pada anus

  •  Fisefy N
    Anggota
    Terima kasih dok apa itu bisa kempes kalau diobatin ke dokter dok ?? Tapi kalau skrang buang air besar gak kluar darahnya dok . Cuma masih ada benjolan apa bsa kempes ?

    Fisefy yang baik,

    karena sistem yang tidak memungkinkan Anda untuk bertanya pada dokter yang sama lewat pertanyaan dari website, maka kami menganjurkan Anda untuk mendeskripsikan secara jelas keluhan Anda setiap menanyakan melalui website, walaupun keluhan tersebut sudah sebagian terjawab sebelumnya. Alternatif lain yang dapat Anda lakukan ialah menggunakan fitur live chat dari alodokter. 

    Kami mengasumsikan bahwa keluhan Anda berupa benjolan di anus yang sempat mengeluarkan darah ketika buang air besar. Benjolan yang kemungkinan besar adalah wasir atau ambeien tersebut sebetulnya merupakan sebuah pembengkakan dari pembuluh darah di sekitar anus yang membengkak. Secara medis dikenal dengan istilah hemoroid. Hemoroid dikarakteristikkan dengan buang air besar berdarah karena gesekan kotoran dengan pembuluh darah yang membengkak sehingga pembuluh darah tersebut terluka dan akhirnya terjadi perdarahan yang tampak ketika buang air besar. Mengonsumsi banyak serat cukup minum adalah cara untuk melunakkan kotoran sehingga gesekan pun berkurang dan perdarahan pun tidak terjadi. Akan tetapi untuk penanganan definitifnya biasanya diperlukan tindak operasi untuk memperbaiki pembuluh darah yang membengkak. Pasca tindakan tersebut, biasanya benjolan tersebut akan tidak lagi membengkak dan menimbulkan perdarahan. Namun tentunya sebelum menjalani prosedur ini penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk menentukan penanganan apa yang tepat bagi Anda. Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief