Tanya Dokter

  • Belum punya anak setelah 7 tahun menikah

  •  Endah Yulia
    Anggota
    Halo dok, Saya mau tanya saya ingin sekali punya anak sudah 7 th saya menikah tapi blm jga dikaruniai anak. Minggu kemaren saya mengalami sakit yg sgt hebat dibagian perut bawah, kemudian sya smp pingsan dan saya dbwa ke RS smp dirwat. Trus pas saya pulang saya dikasih obat misoprostol yg saya baca di google ternyata itu obat untuk menggugurkan kandungan. Apakah itu akan mempengaruhi rahim saya? Saya tkut itu akan smakin mmbuat saya sulit untuk punya anak. Terimakasih dok

    Halo Endah......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, misoprostol sebenarnya merupakan obat lambung dimana dapat memberikan efek Sampingan yang dapat menyebabkan keguguran. Berdasarkan efek samping inilah biasanya dokter spesialis kebidanan dan kandungan menggunakannya untuk membersihkan sisa - sisa hasil keguguran atau coret di dalam rahim.

    Sedangkan kondisi yang Anda alami yaitu belum dikaruniai anak setelah tujuh tahun pernikahan, apabila anda selama ini aktif Berhubungan seksual tanpa mengunakan alat kontrasepsi apapun, maka Anda dan pasangan dapat disebut sebagai pasangan infertil atau pasangan mandul.

    Oleh karena itu, jika Anda ragu untuk mengonsumsi obat misoprostol yang di berikan kepada Anda, maka konfirmasilah ke rumah sakit yang telah merawat Anda terlebih dahulu, sehingga tujuan diberikannya obat tersebut kepada Anda diketahui, dan Anda dapat memutuskan apakah memang perlu dikonsumsi atau tidak.

    Kami sangat menyarankan kepada Anda dan pasangan untuk segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, terkait keinginan Anda untuk mendapatkan anak / keturunan, agar Anda dan pasangan dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dalam menjalani serangkaian pemeriksaan terkait kesuburan, terkadang tidak hanya berkisar masalah fisik, namun juga harus dipertimbangkan mengenai faktor emosi dan biaya. Untuk itu dibutuhkan kesabaran, kerja sama antar pasangan demi mencapai tujuan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    INFERTILITAS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati