Tanya Dokter

  • keringat dingin, sesak napas, perut tidak nyaman, dan cemas

  • Dok saya mau bertanya , kenpa saya sering keringat dingin,sesak napas dan sedikit tidak merasa nyaman diperut dan perasaan cemas, dan saya sudah periksa kedokter dan katanya sakit maag dan dia memberi obat tapi penyakit yang saya rasakan tidak juga membaik , sebetulnya sakit apa saya dok dan apa obatnya, terima kasih dok :)

    Hello, Penentuan diagnose penyakit terbaik dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik. Agak sulit jika dilakukan hanya dengan melakukan konsultasi. Namun gejala yang Anda rasakan kemungkinan besar berasal dari system pencernaan, yang menyebabkan gangguan psikologis. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gejala serupa dengan yang Anda rasakan, antara lain:

    1. Gastritis
    2. Penyakit asam lambung
    3. Ulkus peptic
    4. Gastroenteritis
    5. Oesophagitis
    6. Hepatitis
    7. Diverticulitis
    8. Abdominal aneurisma
    9. Pankreatitis
    10. dan lainnya
    Untuk dapat menegakkan penyakit mana yang Anda alami, membutuhkan pemeriksaan fisik yang kemungkinan juga dibutuhkan beberapa pemeriksaan tambahan seperti laboratorium darah, pemeriksaan imaging seperti CT scan atau MRI atau pemeriksaan langsung seperti endoskopi. Hal tersebut sulit dilakukan dengan hanya melakukan sebatas konsultasi semata. Anjuran terbaik untuk Anda adalah mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter secara teratur, melakukan anjuran yang diberikan oleh dokter, melakukan pemeriksaan control kepada dokter yang memeriksa Anda, mencari informasi lebih lanjut terkait dengan penyakit Anda. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perasaan tidak nyaman di perut:
    1. Makan dalam porsi yang kecil namun dengan frekuensi yang sering
    2. Minum air putih yang cukup (8 gelas sehari secara bertahap)
    3. Hindari makanan yang asam, asin, pedis
    4. Hindari penggunaan MSG
    5. Hindari minuman alcohol dan caffeine
    6. Hindari rokok
    7. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat
    8. Hindari tiduran setelah habis makan
    9. Gunakan bantal yang agak tidur ketika berbaring
    Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean