Tanya Dokter

  • Penyebab berperilaku tanpa disadari

  •  kfrwtul
    Anggota
    Dok, saya sering mengalami kebingungan pada tingkah saya. Saat saya kesal dengan seseorang terkadang saya merasa ingin memukul dan melempar orang itu dengan benda yang saya tiba-tiba saya pegang tapi kadang saya masih menahan diri saya. Tapi kadang saya kelepasan melakukannya dan berujung saya bingung dengan apa yang telah saya lakukan. Kadang saat saya bertengkar mulut dengan teman saya saya sering seperri dibisikkan untuk membicarakan sesuatu dan membuat teman saya marah dengan apa saya bicarakan. Apa tingkah saya itu termasuk gangguan mental ya dok?

    Hai Kfrwtul. Secara umum, kita dapat mengendalikan tindakan dan kata-kata kita. Namun, memang pada kondisi seperti sedang emosi, kadang kita tidak mengendalikan kata-kata dan tindakan kita dan melakukan sesuatu hanya berdasarkan emosi kita. Jika seperti itu, itu adalah hal yang normal walaupun justru ini menjadi tantangan untuk dapat mengontrol emosi. 

    Namun jika anda merasa seringkali ada bisikan dari sesuatu yang meminta anda melakukan hal tertentu terutama hal yang tidak baik dan merugikan anda dan oranglain, maka anda mungkin dapat berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Kondisi ini tentu bukanlah hal yang normal terutama jika seringkali terjadi. 

    Konsultasikan dengan psikolog atau psikiater mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi dan penanganan lebih lanjut. Hal yang perlu anda lakukan yakni jika adanya stres tertentu, coba untuk diselesaikan masalah tersebut atau berbagi dengan seseorang yang anda percaya agar dapat ditangani bersama. Selain itu, belajar mengatur emosi anda dimana anda dapat meminta bantuan ahli dan disertai pola hidup sehat. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa