Tanya Dokter

  • Betis terasa melayang saat hendak tidur

  •  Made cenik
    Anggota

    Halo dokter, baru-baru ini saya merasakan sensasi melayang pada kedua betis saya, pada saat rebahan dan akan tidur tiba-tiba betis saya terasa ringan dan mati rasa ( seperti melayang) namun bagian paha dan tumit masih terasa, saat ini saya sedang mengkonsumsi vitamin B Complex yang diberikan oleh dokter syaraf, karena sebelumnya leher saya terasa kaku dan badan sempoyongan saat berjalan. Apakah ada kaitannya antara obat yang saya konsumsi dengan sensasi melayang di bagian betis saya dok? Terimakasih

    Halo Made,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Pada kasus yang jarang terjadi vitamin B kompleks dapat menimbulkan efek samping gangguan pada masalah otak dan saraf terutama akibat dari kandungan piridoksin (vitamin B6) yang terkandung pada vitamin B kompleks ini. Efek samping piridoksin ini dapat menimbulkan sensasi mati rasa pada bagian tubuh tertentu terutama pada tangan dan kaki, koordinasi yang buruk, serta kelelahan yang ekstrim.

    Namun hal tersebut sangat jarang terjadi dan biasanya terjadi bila konsumsi vitamin B kompleks dalam dosis yang besar. Kondultasikan kondisi Anda dengan dokter spesialis saraf Anda agar dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan tambahan bila diperlukan.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar