Tanya Dokter

  • Cara mencegah kehamilan

  • Dok apa yg harus sya lakukan. Jika sya behbngan intim dgn suami agar tidk hmil. Nmun tidak menggunakan kndom dok?
    ikhaasaan Puspita  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Ikhaasaan,

    Untuk mencegah kehamilan, akan lebih efektif jika menggunakan alat kontrasepsi, baik itu kondom, pil KB, suntik KB, KB implan, IUD, atau jika sudah tidak berniat menambah anak lagi bisa menggunakan kontrasepsi mantap seperti tubektomi dan vasektomi.

    Apabila tidak ingin menggunakan alat kontrasepsi seperti di atas, bisa saja Anda dan suami melakukan kontrasepsi alami, namun tentunya resiko kegagalan kontrasepsi alami cukup besar.

    Berikut ini beberapa contoh KB alami:

    • Coitus interuptus / senggama terputus: berhubungan intim dengan ejakulasi di luar vagina
    • KB kalender: menghindari hubungan intim ketika masa subur
    • KB laktasi: ibu yang menyusui bayinya secara eksklusif mendapatkan manfaat kontrasepsi alami pada 6 bulan pertama pasca kelahiran

    KB alami sangat aman dan tidak memiliki efek samping, akan tetapi resiko kegagalannya cukup besar dibanding jika memakai alat kontrasepsi. Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali dengan suami apabila memang ingin menjalani KB alami ya.

    Sedangkan jika yang Anda maksud adalah mencegah kehamilan setelah berhubungan intim tanpa kondom, maka ANda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan supaya diberikan alat kontrasepsi darurat. Alat kontrasepsi darurat hanya boleh digunakan atas anjuran dokter yang memeriksa dan hanya efektif jika digunakan sebelum 72 jam pasca berhubungan intim.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    KB alami

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y