Tanya Dokter

  • biang keringat atau jerawat?

  • Ass wr wb. Dok saya siska dari bekasi saya ingin bertanya.. Di daerah muka saya bagia kening (jidat) beberapa bulan lalu biang keringat tetapi semakin kesini setelah saya cek ke medis (berobat) dari pihak medis dikasih solusi. Lalu setelah lama semakin lama di kening saya langsung menjadi pada merah dan bintik2 merah hal nya seperti jerawat. Tapi memang ketuka saya pencet memakai tisue itu keluar kaya nasi atau bahkan berdarah. Dan saat ini saya berhenti memakai obat itu. Kira2 solusinya apa ya dok? Dan penyakit apa yg ada dikening saya?? Jerawat kah atau biang keringat??. Makasih. Please answer.

    Hai,   Utuk memastikan apakah keluhan Anda berupa biang keringat/ jerawat maka kelainan kulit pada Anda harus diperiksakan secara langsung. Pada dasarnya semua kelainan kulit harus diperiksa secara langsung agar dapat dibedakan dan ditegakkan diagnosa yang pasti. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan Anda adalah :

    1. Miliaria / Heat rash / Biang keringat
    2. Jerawat komedonal
    3. Kista
    4. Abses
    5. Iritasi akibat produk kosmetik
    6. dll
    Dengan pemeriksaan fisik oleh dokter maka kelainan kulit Anda dapat dibedakan  dan diobati sesuai dengan jenis penyakitnya. Baca topik terkait mengenai : Jangan menggaruk dan memencet keluhan kulit Anda yang bisa menyebabkan infeksi tambahan pada keluhan kulit Anda. Untuk mengurangi keluhan, Anda bisa memberikan lotion calamin untuk mengurangi gatal dan kemerahan, memberikan obat oles sesuai anjuran dokter, menghindari panas berlebih, menjaga kebersihan muka dan melap keringat.   Salam,   dr. Yusi