Tanya Dokter

  • Kulit mengelupas dan kaitan dengan biang keringat

  • Dokter bayi saya umur 5 bulan. Sudah hampir 1 minggu leher, perut sampai bagian sekitar kemaluan ada bintil2 warnanya samar seperti kulit nya "coklat". Pada bagian perut dan leher merah dan bintil2 juga, dan maulai kempis. Punggung sebelumnya juga da tapu sudah diobati dengan minyak zaitun 1 minggu hilang. Dan bagian lainnya masih belum hilang. Sudah ke dr diberi salep hydrocortisone. Setiap mandi aku kasi lactasid baby karna di bagian anus berwarna merah. Dan mulai ke muka juga. Bagian kulit kepalanya jg mengelupas,kira2 kenapa yah dok. Bagaimana cara agar lekas sembuh. Apa penyembuhan biang keringat kulit harus mengelupas

    Hai Lia Dahlia Eka. Terima aksih atas pertanyaan anda.

    Biang keringat atau miliaria adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal, serta bisa menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada bagian kulit.biang keringat ii biasanya terjadi karena pajanan suhu panas dan pada bayi biasnaya terdapat pada area  leher, dan terkadang pada bagian ketiak, lipatan siku, dan selangkangan. Biang keringat umumnya bukan merupakan kondisi yang membutuhkan penanganan secara khusus. Kondisi ini biasanya dapat pulih dengan sendirinya dengan mendinginkan kulit serta menghindari pajanan panas.

    Selain disebabkan oleh biang keringat, kondisi yang anak anda alami dapat disebabkan oleh alergi, eksim, dll. untuk sementara cobalah bebrapa tips berikut:

    • Hindari panas yang berlebih pada bayi anda
    • Jaga kulit tetap dingin atau sejuk
    • Hindari mengenaikan pakaian yang terlalu ketat atau tebal pada bayi anda
    • Mengenakan losion calamine

    Jika anda sudah melakukan hal diatas dan tetap belum berkurangseperti yang anda katakan sebelumnya maka sebaiknya anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter anak untuk mencari tahu penyebabnya sehingga mendapatkan penanganan yang sesuai.

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Dian