Tanya Dokter

  • Biang Keringat Pada Bayi

  • Dok maaf saya mau tanya, saya baru saja melahirkan dan kini bayi saya berusia 13 hari.. Sekitar 2 hari yang lalu Ketika saya memandikan bayi saya, saya baru menyadari kalau di sekitar punggung dan tangan bayi saya ada bintik2 merah, seperti ruam akibat biang keringat. Menurut dokter apa yang harus saya berikan Kepada bayi saya untuk mengatasi biang keringat tersebut, atau adakah rekomendasi bedak ato salep yang aman di berikan kepada bayi yang belum genap berusia 1 bulan Yang menderita biang keringat?? Terima kasih dok

    Halo,

     

    Alangkah idealnya jika Anda memeriksakan bayi Anda ke dokter anak karena usianya yang masih <6 bulan. Dokter anak dapat memberikan tes fisik yang baik untuk menentukan apakah bintik tersebut hanyalah biang keringat seperti yang Anda klaim atau merupakan kondisi lain yang bisa disebabkan karena infeksi virus , alergi dermatitis dll.

    Biang keringat atau miliaria adalah kondisi kulit dimana terbentuk papul milia kecil akibat pengaruh panas sehingga pori terssumbat. Kondisi ini membuat bayi menjadi tidak nyaman dan  kulitnya yang masih sensitif dan lembut akan menjadi kasar.

    Anda bisa melakukan beberapa hal yakni :

    1. Hindari memberikan baju terlalu tebal.
    2. Perhatikan penggunaan minyak telon atau jenis balsam lain.
    3. Berikan pelembab yang sesuai jenis kulit bayi.
    4. Oleskan salef khusus yang mengandung dexpantenol untuk meredakan kondisi ruam.
    5. oleskan lotion calamin.
    6. Mandikan bayi dengan air suam kuku dan gunakan sabun sesuai jenis kulit. Gosok ringan kulit bayi.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi