Tanya Dokter

  • Penanganan TB kelenjar

  •  Intanhr
    Anggota
    Saya penderita tb kelenjar yang masih dalam masa pengobatan, apakah bila nanti saya sembuh kelenjar saya masih bengkak? Jika di operasi butuh mengeluarkan biaya berapa?

    Halo

     

    TB kelenjar adalah sebuah penyakit tuberkulosis yang menyerang kelenjar getah bening (umumnya di daerah leher). Kondisi ini menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening akibat terjadinya infeksi pada kelenjar tersebut oleh kuman Mycobakterium tuberkulosa.

    Dengan pengobatan regimen tuberkulosis yang baik dan  benar umumnya kelenjar akan mengecil dan hilang (kembali ke ukuran semula). Pada beberapa kecil kasus kelenjar mungkin tidak bisa kembali normal namun umumnya tidak memerlukan tindakan operasi selama pengobatan sudah baik dan hasil pemeriksaan akhir menyatakan bahwa kuman Anda sudah berhasil diobati (tidak ada lagi dalam tubuh).

    Pengobatan TB kelenjar juga memiliki obat yang sama dengan TB paru dan dengan lama terapi yang sama pula. Sebelum penghentian obat umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apakah Anda sudah sembuh tuntas atau memerlukan tambahan pengobatan lain.

    Jika ternyata operasi merupakan salah satu terapi yang disarankan dokter Anda maka konsultasikan dengan baik mengenai kondisi Anda dan  hal hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut.

    Mengenai masalah biaya operasi maka Anda bisa langsung menanyakan dengan bagian administrasi RS tempat Anda dioperasi.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi